home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korea Selatan Diterjang Badai Hebat, Aktivitas Lumpuh dan Telan Korban Jiwa

Rabu, 05 Oktober 2016 16:32 by fzhchyn | 1930 hits
Korea Selatan Diterjang Badai Hebat, Aktivitas Lumpuh dan Telan Korban Jiwa
Image source: Straits Ti

DREAMERS.ID - Wilayah selatan di Peninsula Korea diterjang badai hebat sejak Selasa hingga Rabu (05/10). Badai dengan nama Topan Chaba ini membawa hujan lebat dan angin kencang sehingga menciptakan gelombang ombak yang besar di pulau Jeju dan beberapa kota besar lainnya.

Topan Chaba ini dapat mengancam nyawa dan merusak properti di seluruh daratan Jepang dan Korea Selatan. Setelah melewati pulau Ryukyu pada Senin malam, badai mulai bergerak ke Korea namun kekuatannya sudah melemah. Meski begitu warga tetap diimbau untuk waspada.

Topan yang diperkirakan membawa 250 milimeter hujan dan angin dengan kecepatan 56,5 meter per detik ini melumpuhkan berbagai aktivitas di pulau Jeju. Tak hanya penerbangan dari pulau, tapi jalur laut domestik dan internasional serta kereta super cepat KTX juga dihentikan karena hujan dan angin kencang.

Selain itu, aliran listrik di 52.000 rumah juga mati. Otoritas setempat mengatakan jika pihaknya mengalami kesulitan dalam pemulihan karena kurangnya tim yang meperbaiki aliran listrik, ujar seorang pejabat dari Korea Electric Power Corporation.

Baca juga: Sosok 'Pahlawan Tersembunyi' Bencana Topan Chaba Korsel, Korbankan Nyawa Demi Selamatkan Warga

Satu orang dinyatakan hilang saat bekerja di perahu nelayan yang berlabuh di dermaga pulau Jeju dan dua orang meninggal. Sementara Reuters melaporkan jika setidaknya ada lima orang yang tewas di Busan dan Ulsan.

Dalam tayangan televisi menunjukkan bahwa Topan Chaba ini membuat banjir besar di wilayah Ulsan dan Busan, dan juga menghantam Pulau Jeju. Lebih dari 210.000 rumah diterjang badai dengan mobil-mobil dan bangunan yang sebagian terendam. Banyak penerbangan di daerah juga telah dibatalkan. Gelombang omba  besar pun masih menerjang blok-blok apartemen dekat pantai.

Berikut cuplikan videonya:

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)