home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diberikan 1 Miliar, Wanita Korsel Korban Prostitusi Jepang Tolak Uang Kompensasi

Jumat, 02 September 2016 15:45 by reinasoebisono | 1849 hits
Diberikan 1 Miliar, Wanita Korsel Korban Prostitusi Jepang Tolak Uang Kompensasi
Image source: Al Jazeera

DREAMERS.ID - Sejarah kelam yang dialami Korea Selatan tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Sama-sama dijajah Jepang sebelum masa kemerdekaan, Korea Selatan juga mendapat jejak hitam di mana banyak warga wanitanya menjadi korban prostitusi.

Jepang memang sudah meminta maaf kepada korban dan keluarga pada masa perang dan penjajahan. Negeri Sakura itu pun sempat menjanjikan uang kompensasi atas rasa bersalah kepada para korban sebesar 100 Juta Won per orang (Rp 1.1 Miliar).

Namun melansir Chosun Ilbo, 6 wanita Korea Selatan yang adalah korban pemaksaan prostitusi pada penjajahan Jepang menolak paket kompensasi yang dikirimkan dari Jepang. Wanita yang tak disebutkan namanya itu mengatakan jika uang yang datang adalah sumbangan untuk mendukung organisasi dan lembaga yang menampungnya kini, bukan kompensasi hukum.

Baca juga: Bakal ‘Lawan’ Negaranya Sendiri, Ini 3 Pemain Timnas Korsel yang Kata STY Paling Berbahaya

Bahkan beberapa korban hidup diketahui melayangkan gugatan kepada pemerintah Korea Selatan karena kompensasi tersebut dinilai tidak layak dan Jepang tidak berungguh-sunggu memberikan pernyataan maaf atas kejahatan perang yang dilakukan.

Dari total 1 Miliar Yen yang dijanjikan, setiap korban yang masih hidup akan mendapat 100 Juta Won yang dikethaui berjumlah 46 orang. Dan 20 Juta Won akan diberikan kepada keluarga atau pewaris dari 199 korban kejahatan seksual Jepang yang telah meninggal dunia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)