home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Yang Terjadi Jika Tidak Buat E-KTP Sebelum 30 September

Selasa, 23 Agustus 2016 11:15 by reinasoebisono | 21107 hits
Ini Yang Terjadi Jika Tidak Buat E-KTP Sebelum 30 September
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Upaya mendata seluruh masyarakat Indonesia secara sistematis dan rapi dalam sistem digital telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu melalui program KTP Elektronik atau E-KTP. Namun pada praktiknya, masih banyak warga yang tidak mengerti dan belum memilikinya.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) meminta agar seluruh masyarakat merekam data kependudukannya dalam bentuk digital atau E-KTP.

Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri Arif Zudan Fakrulloh mengatakan jika batas akhir pembuatan E-KTP adalah 30 September 2016. Jika tidak memiliki E-KTP, masyarakat akan menerima sejumlah sanksi.

Bukan hukuman, namun kerugian karena tidak dapat mendapat layanan publik. Hal ini terjadi karena KTP akan dinonaktifkan atau bisa disebut sanksi administrasi.

Baca juga: Mengapa Seluruh Warga Jakarta Wajib Cetak Ulang E-KTP Tahun Depan?

"Contohnya, BPJS, itu kan basisnya Nomor Induk Kependudukan (NIK), kemudian membuka kartu perdana itu basisnya NIK. Jika NIK tidak muncul, maka hak dia sebagai penduduk Indonesia tidak akan bisa dipenuhi," kata Zudan melansir Liputan6.

Kerugian lain yang didapatkan juga publik tidak mendapatkan layanan perbankan, kepolisian, izin mendirikan bangunan. Terlebih, karena data penduduk ini harus tunggal dan tidak boleh ganda. Jika sudah terlanjur dinonaktifkan pada akhir September nanti, masyarakat sudah tidak bisa mengurus E-KTP di kecamatan atau kelurahan lagi, melainkan harus mengurusnya ke Dinas Dukcapil setempat.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)