home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ingin Berlakukan Sanksi Fisik, Menteri Pendidikan Dinilai Dukung Budaya Kekerasan di Sekolah?

Jumat, 19 Agustus 2016 10:30 by reinasoebisono | 633 hits
Ingin Berlakukan Sanksi Fisik, Menteri Pendidikan Dinilai Dukung Budaya Kekerasan di Sekolah?
Image source: belajar.co.

DREAMERS.ID - Selesai dengan kontroversi program sekolah sehari penuh atau full day school yang akhirnya dibatalkan, kini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengemukakan rencana baru yang diprotes masyarakat.

Tak tanggung-tanggung, mereka yang angkat bicara termasuk dari Masyarakat Peduli Pendidikan yang terdiri dari LSM, pakar, serikat guru hingga orangtua murid menilai Muhadjir mendukung budaya kekerasan. Ada apa?

Isu ini mencuat setelah Muhadjir menyatakan sanksi fisik kepada siswa adalah cara alternatif memperkuat mental anak. Berbagai pihak memandang situasi apapun tetap tidak membenarkan anak untuk mengalami segala bentuk kekerasan.

Terlebih, karena Indonesia terikat dan diatur oleh Konvensi Hak Anak Internasional yang diratifikasi melalui Keppres 36/1990 dan UU 35/2014 tentang Perlindungan Anak.

"Indonesia terikat pada konvensi tersebut, sehingga kekerasan dalam dunia pendidikan tidak bisa ditoleransi," ujar Pengacara Publik Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia Jakarta Alldo Fellix Januardy.

Namun hal ini ditampik oleh Menteri Muhadjir yang menurutnya sanksi fisik dari guru dapat ditoleransi dalam batasan tertentu. Sanksi fisik dapat dilihat sebagai pendidikan tegas jika kesalahan anak melampaui batas.

"Pendidik bukan hanya memberikan curahan kasih sayang, untuk bentuk pribadi anak yang kuat dan tangguh juga tahan banting. Itu tidak bisa tanpa pendidikan yang keras," kata Muhadjir melansir CNN.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)