home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jelang Reshuffle, Inikah Prediksi Menteri Baru untuk Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi?

Rabu, 27 Juli 2016 10:55 by Dits | 844 hits
Jelang Reshuffle, Inikah Prediksi Menteri Baru untuk Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi?
Image source: kompas.com

DREAMERS.ID - Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet kerja pada hari ini, Rabu (27/7). Pasalnya, para menteri sudah dipanggil Presiden Jokowi terkait isu tersebut. Melansir laman Kompas, berikut prediksi nama yang nantinya akan menjadi menteri kabinet kerja yang baru.

1. Budi Karya Sumadi

Budi dipilih untuk menggantikan posisi Ignasius Jonan yang menjabat sebagai Menteri Perhubungan. Sebelumnya, Budi diketahui tengah menjadi Direktur Utama Angkasa Pura II.   

2. Archandra Tahar

Archandra Tahar akan ditempatkan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Latar belakangnya yang merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan merupakan salah satu pengusul off shore blok Masela serta memiliki firma di Amerika Serikat, membuat Archandra dipercaya untuk menggantikan posisi Sudirman Said yang sudah tidak lagi masuk kabinet.

3. Airlangga Hartarto

Airlangga Hartato dipercaya untuk menjabat sebagai Menteri Perindustrian. Airlangga merupakan representasi dari Partai Golkar yang ditunjuk untuk menggantikan Saleh Husin.

4. Prof. Muhajir

Prof. Muhajir adalah mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, beliau dipilih Jokowi untuk menjabat sebagai Menteri Pendidikan Nasional menggantikan Anies Baswedan.

5. Eko Putro Sanjoyo

Eko merupakan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dipilih untuk menggantikan posisi rekan sesama partainya, Marwan Jafar yang dicopot dari jabatan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Desa, dan Transmigrasi.

6. Asman Abnur

Asman Abnur adalah representasi dari Partai Amanat Nasional(PAN). Asman akan menggantikan Yuddy Chrisnand sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

7. Sri Mulyani Indrawati

Nama Sri Mulyani muncul dalam kabinet kerja yang baru Jokowi,  ia kembali ke Indonesia setelah sempat berkiprah di dunia internasional dengan menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia. Kini, Sri Mulyani dipercaya untuk menggantikan Bambang Brodjonegoro sebagai Menteri Keuangan.

Baca juga: Agak Di Luar Nurul, Jokowi Ungkap Kaesang Telah Minta Restu Masuk PSI?

8. Enggartiasto Lukita

Enggar merupakan politisi Partai Nasdem dan juga seorang  pengusaha. Pernah menjadi Ketua Real Estate Indonesia (REI) membuat ia mendapat kepercayaan untuk menjadi Menteri Perdagangan, menggantikan Thomas Lembong yang akan menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

9. Wiranto

Sosok Wiranto saat ini diketahui menjadi Ketua Umum Partai Hanura. Namun, dia mendapat kepercayaan untuk menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan.

10. Sofyan Djalil

Sofyan kembali mendapat tugas baru dari Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional yang akan menggantikan Ferry Mursidan Baldan.

11. Thomas Lembong

Tom Lembong akan menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), menggantikan Franky Sibarani. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Menteri Perdagangan.

12. Franky Sibarani

Kepala BKPM Franky Sibarani dipercaya menjadi Wakil Menteri Perindustrian (posisi baru).

13. Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut akan didapuk untuk menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman, menggantikan Rizal Ramli. Sebelum digeser ke jabatan baru itu, Luhut menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Menurut laporan yang diterima, Presiden Jokowi sendiri akan melantik para menteri baru tersebut sekitar pukul 14.00 di Istana Negara. Setelahnya, presiden akan menggelar sidang kabinet paripurna pada pukul 15.00 dengan agenda pengarahan serta pembahasan Pagu Anggaran dan RAPBN tahun 2017.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)