home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ratusan Ribu Polisi Siap Amankan Arus Mudik, Ini Peringatan Untuk Pemudik Sepeda Motor

Kamis, 30 Juni 2016 10:20 by reinasoebisono | 1023 hits
Ratusan Ribu Polisi Siap Amankan Arus Mudik, Ini Peringatan Untuk Pemudik Sepeda Motor
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Operasi pengamanan kegiatan arus mudik Lebaran minggu depan resmi dibuka pagi ini oleh Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Lapangan Polda Metro Jaya. Dengan begitu, Polri resmi memulai Operasi yang dinamakan Operasi Ketupat atau Operasi Ramadaniya.

Berbagai satuan polisi itu juga dibantu oleh sejumlah instansi mulai dari TNI, Kementerian Perhubungan dan Satpol PP. Melansir CNN, total personel yang dikerahkan untuk tahun ini mencapai 150 ribu orang.

Tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, jumlah pemudik tahun ini pun menyentuh angka fantastis, sekitar 17 juta orang dari seluruh wilayah. Aktivitas mudik pun tersebar menggunakan angkutan darat, penyeberangan, kereta api, laut hingga udara.

Puncak arus mudik sendiri diperkirakan terjadi pada H-4 jelang Lebaran, yaitu hari Sabtu mendatang. Sementara arus balik akan mencapai titik tertinggi saat H+3 Lebaran. Beberapa posko pengamanan pun telah mulai dibuka hari ini, terutama di titik kemacetan.

Baca juga: Minat Berburu Flash Sale dan Diskon Tiket Mudik KAI? Cek Dulu Info Memesannya!

Menurut data Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik sepeda motor mengalami peningkatan cukup besar. Sekitar 1.4 juta motor, meski pemudik mobil masih jauh di atasnya, sekitar 5.6 juta mobil. Padahal, kecelakaan lalu lintas selama arus mudik lebih banyak terjadi pada kendaraan roda dua.

Karena itu kepolisian akan menilang para pemudik sepeda motor yang berpenumpang lebih dari dua orang. Penumpang yang menaiki sepeda motor lebih dari dua orang akan diangkut menggunakan bus ke daerah tujuan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)