home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hati-Hati, Narkoba Baru Yang Belum Diatur Undang-Undang Banyak Dijual di Sosial Media

Selasa, 28 Juni 2016 11:31 by reinasoebisono | 3489 hits
Hati-Hati, Narkoba Baru Yang Belum Diatur Undang-Undang Banyak Dijual di Sosial Media
Image source: Liputan 6

DREAMERS.ID - Tanpa disadari, ternyata banyak barang terlarang yang beredar di sekitar masyarakat yang dianggap biasa, khususnya karena belum terjamah undang-undang. Polisi menemukan peredaran narkoba jenis baru di berbagai sosial media.

Barang haram berbentuk tembakau yang biasa disebut masyarakat sebagai teh arab atau daun khat itu dipastikan menjadi bagian dari narkoba oleh Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Besar Polisi Slamet Pribadi.

Kombes Slamet mengonfirmasi jika tembakau lain yang dikenal tembakau cap beruang, dilansir Liputan 6 didapatkan dari transaksi seorang anak muda lewat sosial media. Hasil dari Balai Laboratorium BNN pun memberikan hasil positif mengandung salah satu turunan sintetik canabinoid, FUB-AMB.


Foto tembakau beruang yang dijual di sosial media (Pictigram)

Berhasil menelusuri penjualan tembakau beruang, narkoba jenis baru itu dijual di Instagram. Sang penjual pun mengaku jika barang jualannya memiliki zat yang sama dengan tembakau gorila yang ramai dibicarakan tahun 2015 lalu dan telah diklasifikasikan oleh BNN sebagai narkoba jenis baru.

Baca juga: Penutupan Kasus Penggunaan Narkoba G-Dragon Akan Diputuskan Akhir Bulan Ini

"Gorila yang dilarang. Tapi sebenarnya sama semua. Karena yang diandalkan itu zat kimianya," kata seorang pria yang tak disebutkan namanya. “Bego’-nya cepet," lanjut penjual menjurus arti ‘bego’ sebagai efek narkotika tembakau itu.

Parahnya, tembakau beruang ini diduga sedang laku di pasaran karena efeknya yang lebih besar dari tembakau gorila namun belum tersentuh undang-undang karena termasuk dari 643 zat narkoba baru.

Walau belum dilarang, Kepala BNN Budi Waseso menghimbau untuk menjauhi semua narkoba jenis apapun karena tidak hanya memberikan efek nyaman sementara, namun juga mengikat daya halusinasi lebih kuat. Yang terburuk adalah menimbulkan kecemasan dan paranoid ekstrim.

(rei) 

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)