home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemprov DKI Akan Uji Coba Pelat Ganjil-Genap Untuk Gantikan 3 In 1

Jumat, 17 Juni 2016 23:00 by reinasoebisono | 1521 hits
Pemprov DKI Akan Uji Coba Pelat Ganjil-Genap Untuk Gantikan 3 In 1
Image source: Jakarta Gre

DREAMERS.ID - Rencana penghapusan sistem 3 in 1 di Jakarta masih berlanjut. Kini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menguji coba sistem yang sempat jadi perbincangan beberapa waktu lalu. Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta akan memberlakukan kebijakan ganjil genap.

Pemberlakuan pengendalian lalu lintas ini rencananya akan dilaksanakan mulai Juli mendatang. Sistem ini tentu saja untuk menanggulangi dan mengurai kemacetan di ibukota.

"Kita belum bisa pastikan tanggalnya. Mungkin di tanggal 20 Juli atau 27 Juli 2016 mendatang," ujar Andri Yansyah, Kadis Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta melansir Kompas.

Namun tidak sembarangan, pihak Pemprov DKI Jakarta mengaku akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu agar masyarakat tidak ‘kaget’. Selain itu Pemprov juga menerima masukan terlebih dahulu dengan sejumlah pihak terkait.

Baca juga: Jangan Lupa, 3 Tempat Wisata Jakarta Ini Masih Terapkan Ganjil Genap!

"Kalau memang diujicobakan sesuai prosedur dilakukan selama sebulan. Sambil dilakukan evaluasi nantinya," lanjut Andri yang mengatakan uji coba akan berlangsung selama 1 bulan.

Pemberlakuan kebijakan ini rencananya dilakukan mulai pukul 07.00-10.00 dan pukul 16.00-20.00. Jadwal tersebut akan diterapkan di lokasi yang juga merupakan jalur 2 in 1 terdahulu, ditambah wilayah Rasuna Said karena kawasan tersebut adalah salah satu lokasi pemberlakuan ERP atau jalan berbayar.

Sistem genap ganjil sendiri adalah peraturan yang hanya memperbolehkan mobil-mobil dengan pelat nomor ganjil hanya boleh melintas pada tanggal ganjil, begitu juga dengan pelat genap hanya boleh melintas pada tanggal genap.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)