home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1437 H Pada Senin 6 Juni 2016

Minggu, 05 Juni 2016 20:00 by Dits | 1425 hits
Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1437 H Pada Senin 6 Juni 2016
Image source: muslimmedia

DREAMERS.ID - Akhirnya usai mendengarkan laporan dari 93 petugas dari 93 wilayah di Indonesia, Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1437 H jatuh pada 6 Juni 2016. Hal ini setelah dilaporkan hisab dengan posisi hilal sekitar pukul 10.00 WIB berada di 2 derajat 13 menit sampai 4 derajat 6 menit di seluruh tanah air.

Dari sisi rukyat dari 6 wilayah yaitu Belu di NTT, Jombang, Bangkalan, Kebumen, Gresik dan Bojonegoro semua telah melihat hilal.

"Atas dasar perhitungan hisab dan laporan petugas yang melihat hilal, menyepakati kita sudah masuk Ramadan, maka kemudian secara mufakat disepakati puasa 1 Ramadhan 1437 H akan dimulai besok hari Senin tanggal 6 juni 2016," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Gedung Kemenag, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/6).

Baca juga: Arus Balik Lebaran, 150.851 Motor dan 13.401 Mobil Masuk Jabodetabek!

Politikus PPP ini menambahkan, dengan penetapan 1 Ramadhan ini, pemerintah berharap menjaga bulan Ramadhan dengan kualitas ibadah. Selain itu, ia juga meminta setiap umat menjaga toleransi.

"Menjaga toleransi. Karena satu dan lain hal tidak menjalani puasa dan saling menghargai satu dengan lain kesucian tetap kita jaga," ujarnya.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)