home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bertepatan Dengan Hari Spesial, Ratu Elizabeth Dapat Batik Istimewa dari Indonesia

Kamis, 02 Juni 2016 10:30 by reinasoebisono | 3156 hits
Bertepatan Dengan Hari Spesial, Ratu Elizabeth Dapat Batik Istimewa dari Indonesia
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Ratu Elizabeth II yang baru saja merayakan ulang tahun ke-90 ini mendapat hadiah istimewa dari Indonesia. Penyerahan hadiah ini dilakukan bertepatan dengan acara Indonesia Weekend di Potters Field Park, London.

Hadiah tersebut adalah beberapa batik Indonesia yang didesain khusus Kerajaan Inggris yang dibuat secara handmade alias batik tulis berwarna biru. Sebelumnya, Pendiri Yayasan Batik Indonesia Dipo Alam sempat memperlihatkan batik-batik tersebut kepada Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik.



Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik (kiri) bersama Pendiri Yayasan Batik Indonesia Dipo Alam (Antara)

Batik ini dinilai spesial karena dibuat khusus dari kombinasi motif ‘sawunggalih’ yang merupakan simbol kemuliaan dan kejayaan dipadu dengan ornamen khas kerajaan Britania Raya.

Tidak hanya batik istimewa, namun sebuah lukisan bergambar Ratu Elizabeth sedang mengenakan batik khas Indonesia juga diberikan. Hadiah-hadiah kenegaraan ini diberikan dalam rangka ulang tahun sang ratu yang juga bertepatan dengan Hari Kartini, 21 April lalu.


Batik dan gambar lukisan Ratu Elizabeth (Tempo)

Baca juga: Penyebab Kematian Ratu Elizabeth II Resmi Diumumkan

"Lukisan ini menggambarkan Ratu Elizabeth II mengenakan pakaian batik Indonesia yang memiliki kombinasi dari simbol sawunggalih, sebuah lencana kerajaan yang mewakili kemuliaan, dengan hamparan sawah sebagai latar belakang," kata Pendiri Yayasan Batik Indonesia Dipo Alam.

Pemberian hadiah ini juga dimaksudkan untuk mempromosikan budaya Indonesia juga kepada masyarakat Inggris agar lebih mengenal batik. Acara Indonesia Weekend pun dianggap sebagai ajang promosi terbaik karena terdapat aspek Indonesia mulai dari tata boga, musik, budaya hingga pameran wisata Indonesia.

(rei/CNN/Antara)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)