home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Reaksi Kasus Yuyun, Pemerintah Sepakat Beri Hukuman Maksimal Ini Untuk Pelaku Pemerkosaan

Rabu, 11 Mei 2016 10:00 by reinasoebisono | 1827 hits
Reaksi Kasus Yuyun, Pemerintah Sepakat Beri Hukuman Maksimal Ini Untuk Pelaku Pemerkosaan
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Kasus terbaru yang menggemparkan publik terjadi pada Yuyun (14) di Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkul yang diperkosa dan dibunuh oleh 14 orang yang sebagian besar masih di bawah umur. Gadis malang itu ditemukan telungkup tanpa busana dengan tangan terikat.

Bereaksi atas kasus ini, pemerintah sepakat memberi pemberatan maksimal bagi para pelaku pemerkosaan atau pencabulan. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menjelaskan hal tersebut saat rapat koordinasi antarmenteri, Selasa (10/05) kemarin.

Yasonna mengatakan jika hukuman untuk pelaku pemerkosaan akan ditingkatkan menjadi 15-20 tahun penjara. Bahkan ada hukuman maksimal hukuman seumur hidup penjara hingga hukuman mati.

“Bahkan hukuman mati bila korban sampai meninggal dunia,” kata Yasonna melansir Tempo.

Selain hukuman maksimal, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani juga menjelaskan tentang sanksi lain guna memberi efek jera dan menghalau tindakan serupa terjadi di kemudian hari. Seperti identitas pelaku kejahatan seksual akan dipublikasikan secara luas.

Baca juga: Buron 1,5 bulan, Akhirnya Satu Pelaku Kasus Yuyun Menyerahkan Diri

“Sehingga publik tahu orang tersebut melakukan hal di luar kemanusiaan,” kata Puan.

 Namun, pemberatan hukuman tersebut hanya berlaku bagi pelaku yang telah dewasa. Sedangkan pelaku yang masih di bawah umur tetap dilindungi oleh asas les spesialis yang berhubungan dengan Undang-Undang tentang Pelindungan Anak.

Terkait kasus Yuyun, polisi telah menangkap 12 pelaku sedangkan 2 lain masih buron. Sedangkan 7 orang resmi divonis 10 tahun penjara karena masih di bawah umur.

(rei) 

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)