home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waspada, Ini Alasan ISIS Gencar Rekrut Anggota Anak-Anak

Minggu, 21 Februari 2016 11:15 by reinasoebisono | 2159 hits
Waspada, Ini Alasan ISIS Gencar Rekrut Anggota Anak-Anak
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Sebuah studi menemukan jika kelompok radikal ISIS sedang meningkatkan jumlah perekrutan anggota yang lebih muda, khususnya anak-anak. Studi yang dijalani selama 13 bulan ini dilakukan oleh Universitas Georgia, Amerika Serikat.

Salah satu alasan ISIS gencar merekrut anggota anak-anak karena mereka kekurangan tentara anak. Ditulis CNN, sebanyak 39% tentara yang berusia di bawah 18 tahun meninggal dalam serangan bom mobil.

Sebanyak 33% tewas sebagai tentara jihad, sedangkan 18% lainnya meninggal dalam perang atau pada akhirnya meledakkan diri. Walaupun demikian, meningkatnya perekrutan anggota lebih muda ini tidak menjadi ukuran kekuatan kelompok militan tersebut.

"Tampaknya masuk akal ketika tekanan militer terhadap ISIS meningkat dalam beberapa bulan terakhir, operasi ini menjadi lebih taktis," tulis para peneliti. "Kami memprediksi jika implementasi [perekrutan tentara anak] terus meningkat, maka laporan jumlah kematian anak pun akan meningkat,"

Baca juga: Begini Alasan Anak-Istri Terduga Teroris ISIS Eks WNI Tidak Bisa Ditangani LPSK

Alasan lain ISIS adalah karena tentara anak dinilai cenderung lebih bersedia berjuang bersama, namun tetap saja tidak dapat menggantikan kekuatan tentara lelaki dewasa. Hasil studi itu juga menunjukkan sebagian besar tentara anak yang tewas berasal dari Irak dan Suriah.

Kekurangan ini tidak menutup kemungkinan ISIS berminat dengan tentara muda dari negara lain selain Irak dan Suriah, mengingat banyaknya tentara sukarela yang berasal dari Asia maupun negara barat.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)