home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diprotes Wali Kota Tangerang, Penyebutan Bandara Soekarno-Hatta Kini Tak Lagi di Jakarta

Kamis, 04 Februari 2016 14:40 by fzhchyn | 2020 hits
Diprotes Wali Kota Tangerang, Penyebutan Bandara Soekarno-Hatta Kini Tak Lagi di Jakarta
Image source: beritatrans

DREAMERS.ID - Selama ini Bandara Soekarno-Hatta kerap disebut bagian dari Cengkareng, Jakarta Barat. Seluruh awak kabin maskapai selalu mengatakan 'Mendarat di Jakarta' saat sampai di bandara itu. Namun, penyebutan lokasi Bandara Soekarno-Hatta pun diprotes.

Hal itu sudah berlangsung sejak dua tahun lalu. Saat itu, keberatan dinyatakan langsung oleh Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah pada Oktober 2014. Dia pernah berharap kepada Presiden Joko Widodo sudi mengubah nama Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng menjadi Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang.

"Kita mau menyampaikan surat, Soekarno Hatta Cengkareng adanya di Tangerang, karena lokasinya ada di Kota Tangerang. Ganti jadi Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang. Kita ingin masyarakat bangga bahwa bandara internasional ini berada di Kota Tangerang yang merupakan bagian dari NKRI," kata Arief saat itu.

Arief berpendapat, penyebutan lokasi Cengkareng, Jakarta, tidak tepat karena Bandara Soekarno-Hatta berada di Tangerang. Arief juga sempat meminta kode CGK buat Bandara Soekarno-Hatta diganti menjadi TNG. Memang jika dilihat dari posisi geografis dan peta wilayah, memang sejak dulu bandara itu masuk dalam Tangerang.

Dua tahun berselang, keberatan Arief baru digubris. Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi mengatakan, sudah mengirim surat edaran ke berbagai pihak terkait klarifikasi keberadaan Bandara Soekarno-Hatta. Menurut dia, fasilitas itu memang berada di Tangerang, Banten, bukan di Jakarta.

"Buat surat edaran kepada semua airline (maskapai) dan pihak lainnya, kalau Bandara Soekarno-Hatta bukan di Cengkareng, tapi di Tangerang. Kita lakukan itu karena memang letak bandara di Tangerang, dan kita menghormati hal itu," kata Budi pada akhir Januari lalu.

Baca juga: Oppo Pertama Kali Buka Store di Bandara Soekarno-Hatta, Begini Penampilannya

Secara terpisah, Manajer Humas PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano mengatakan, isi edaran itu meminta semua maskapai penerbangan mengubah penyampaian kalimat selamat datang. Yaitu dari semula 'Selamat Datang di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Jakarta', menjadi 'Selamat Datang di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten'.

"Semua papan informasi juga akan diubah menyertakan keterangan Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten," kata Yado. Hanya saja, menurut Budi, kode CGK buat Bandara Soekarno-Hatta tidak bakal diganti. Sebab sudah masuk dalam kode penerbangan internasional. Sehingga, kode itu kemungkinan besar dipertahankan.

Menanggapi hal itu, sejumlah maskapai penerbangan mengaku tidak masalah. Seperti disampaikan Manajer Humas Sriwijaya Air, Agus Sudjono. "Ya enggak masalah kan. Belum cek (surat edaran) saya. Jangan-jangan Bandara Juanda juga ganti jadi Sidoarjo, ya?" kata Agus sembari mempertanyakan kebijakan itu.

Sementara Humas maskapai AirAsia, Audrey Progastama, mengaku sudah menerima surat edaran itu dan menerapkannya dalam operasional sehari-hari. Penerapan terutama tentang penyampaian kalimat selamat datang kepada penumpang, di dalam kabin pesawat AirAsia saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

"Kami sudah menyesuaikan pengumuman di pesawat, sejalan dengan surat edaran dari pengelola bandara. Hal tersebut tidak menjadi masalah karena juga tidak mengganggu operasional," kata Audrey.

Sama dengan Audrey, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero), Arif Wibowo, menilai tidak ada masalah dengan pengubahan pengumuman lokasi Bandara Soekarno-Hatta. Menurut dia, sebagai penumpang, seharusnya sudah tahu akan bepergian ke mana sehingga tidak masalah jika kalimat selamat datangnya berubah. "Yang penting penumpang tahu ke mana tujuannya. Saya rasa tidak masalah," kata Arif. [ary]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)