home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berdiri 12 Tahun, Patung Jenderal Soedirman di Purbalingga Tumbang

Senin, 04 Januari 2016 10:19 by fzhchyn | 3520 hits
Berdiri 12 Tahun, Patung Jenderal Soedirman di Purbalingga Tumbang
Image source: newsth.com

DREAMERS.ID - Patung Panglima Besar Jenderal Soedirman yang dibangun 2004 dan terletak di perempatan Terminal Bus Purbalingga, Jawa Tengah, roboh pada Minggu (3/1) kemarin. Seperti dilansir Antara, saksi mata Budi Suharso menuturkan bahwa peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.30 WIB.

"Tidak ada angin, tidak ada apa-apa, tiba-tiba saja jatuh ke arah barat dan sempat menutup jalan. Beruntung tidak menimpa pengendara sepeda motor yang lewat karena saat itu pas lampu merah. Kalau tidak lampu merah, pasti ada yang kena," katanya.


Image source: wordpress.com

Patung tersebut menghadap ke arah selatan, berposisi berdiri dan berjubah. Kaki sebelah kanannya, terangkat dan diletakkan di atas batu. Sedangkan, tangan kiri memegang teropong dan tangan kanan memegang tongkat.


Image source: Merdeka

Patung itu terputus di bagian kepala. Ketinggian patung mencapai 10,4 meter, termasuk pondasi pijakan. Patung itu dibuat dari fiberglass sehingga menjadi keropos akibat sering terkena panas dan diguyur hujan. Kala itu, anggaran pembangunan patung itu mencapai Rp 270 juta diambil dari APBD perubahan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Purbalingga Sigit Subroto mengatakan pihaknya telah mengevakuasi patung yang roboh itu ke Kantor DPU Purbalingga. "Kebetulan saya masih di luar kota. Namun, berdasarkan laporan, telah terjadi kerusakan atau pengeroposan di kaki patung sehingga akhirnya roboh karena getaran-getaran kendaraan," katanya.

(fzh)

Source:
Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)