home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Disahkan Dalam Voting, 5 Pimpinan KPK Ini Akan Ucap Sumpah di Hadapan Jokowi

Senin, 21 Desember 2015 12:12 by reinasoebisono | 895 hits
Disahkan Dalam Voting, 5 Pimpinan KPK Ini Akan Ucap Sumpah di Hadapan Jokowi
Image source: Liputan 6

DREAMERS.ID - Lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah disahkan dalam pemungutan suara di rapat paripurna DPR pada Jumat 18 Desember 2015 lalu akan mengucapkan sumpah jabatan untuk periode 2015-2019.

Sumpah/janji jabatan ini akan dilaksanakan di hadapan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, hari ini, Senin (21/12) sekitar pukul 16.00 WIB. Akan turut hadir para pejabat negara seperti pimpinan DPR/MPR, Kapolri hingga Panglima TNI.

Perolehan suara yang diikuti sebanyak 54 Anggota Komisi III itu, terpilih 5 orang pimpinan dari total 10 calon pimpinan yang diajukan. Berikut adalah hasil perolehan suara dan nama-nama pemimpin KPK yang baru:

1. Agus Rahardjo : 53 suara
Mantan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).


Agus Rahardjo (Liputan 6)

2. Basaria Pandjaitan : 51 suara
Satu-satunya polwan yang menjadi pimpinan KPK. Pernah menjabat sebagai Direktur Reskrim Polda Provinsi Kepulauan Riau.

Baca juga: Tepat di Hari Pahlawan, Ini Momen Bahagia Mantan Ketua KPK Antasari Azhar Bebas dari Penjara

3.Alexander Marwata : 46 suara
Hakim ad hoc Tipikor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, sering mengkritisi kasus-kasus penggelapan dana dan tindak korupsi.

4. Laode Muhammad Syarif : 37 suara
Akademisi Universitas Hasanuddin, Makassar. Satu-satunya pimpinan KPK terpilih yang tidak berasal dari golongan penyelenggara negara.

5.Saut Situmorang : 37 suara
Staf ahli Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) yang juga mantan anak buah Menkopolhukam Luhut Panjaitan di Kedutaan Besar RI di Singapura.

Sementara sisa nama capim KPK yang dinyatakan tidak terpilih beberapa di antaranya adalah pimpinan KPK periode sebelumnya yaitu Johan Budi Sapto Prabowo, Robby Arya Brata, Sudjanarko, Busyro Muqoddas dan Surya Tjandra.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)