home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pamer Hasil Buruan di Media Sosial, Pelaku Miliki Kelainan Jiwa?

Kamis, 22 Oktober 2015 10:09 by fzhchyn | 3614 hits
Pamer Hasil Buruan di Media Sosial, Pelaku Miliki Kelainan Jiwa?
Image source: dreamersrad

DREAMERSRADIO.COM - Dalam beberapa pekan terakhir ini, sejumlah kasus pemburuan satwa liar yang kemudian diunggah ke media sosial sedang ramai dibicarakan netizen. Mulai dari beruang madu, kucing hutan, sampai yang terbaru adalah kera, semua hewan itu tega dibunuh lalu dipamerkan ke sosial media.

Dan tak berhenti sampai pamer hasil buruan, pelaku juga bahkan tega menyantap hewan hasil tangkapannya dan terang-terangan mengakuinya. Mengingat semua hewan tersebut semestinya tak dikonsumsi, apakah perilaku ini memiliki hubungan dengan kondisi kejiwaan pelaku?

Menurut Teddy Hidayat, seorang psikiater di Rumah Sakit dr Hasan Sadikin, Bandung, para pelaku belum tentu sakit jiwa, melainkan punya kepribadian khusus. Dari narsis atau membanggakan diri hingga pembunuh berdarah dingin.

Teddy mengatakan para pelaku punya motif ingin mendapatkan pujian dari orang lain karena perbuatannya unik dan merasa hebat. "Orangnya narsis juga. Sebab, setelah melakukan itu, fotonya dikirim ke media sosial," ujar Teddy melansir laman Tempo.

Psikiater senior itu juga melihat sisi lain kepribadian pelaku, yakni pelanggar hukum, norma, atau adat, dan tidak peduli pada orang atau makhluk lain. "Mereka juga arogan, tidak punya rasa kasihan. Hati nuraninya tumpul dan pembunuh berdarah dingin," kata Teddy.

Selain harus berurusan dengan polisi, Teddy menyarankan agar pelaku menjalani konseling kejiwaan setelah motif pamer makan hewan itu diketahui. "Tujuannya agar mereka paham mana yang pantas atau tidak," tutur Teddy.

Mengingat usia para pelaku sudah dewasa sekitar 20-an tahun, Teddy mengatakan bahwa mungkin membutuhkan waktu yang lama. Perilakunya tidak bisa diubah seketika karena sepanjang hidupnya sudah terbentuk seperti itu.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)