home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Miliki Kesamaan dengan Korea, Suku Amerika Selatan Ini Akan Gunakan 'Hangul' Sebagai Sistem Penulisannya!

Jumat, 09 Oktober 2015 11:17 by fzhchyn | 3106 hits
Miliki Kesamaan dengan Korea, Suku Amerika Selatan Ini Akan Gunakan 'Hangul' Sebagai Sistem Penulisannya!
Image source: flickr.com

DREAMERSRADIO.COM - Sebuah tim peneliti di Korea telah mengembangkan sebuah sisitem untuk menyalin bahasa lisan dari suku asli Amerika Selatan, Aymaran, menggunakan alfabet Korea “Hangul”, kata tim penelitian pada Kamis (08/10).

Tim yang dipimpin oleh Kwon Jae-il, seorang profesor linguistik dari Universitas Nasional Seoul, mengatakan bahwa mereka telah selesai melakukan pencocokan konsonan dan vokal Korea dengan suara bahasa lisan suku Aymaran pada bulan Agustus lalu.


Image source: sinogastronomie.com

Saat ini, suku tersebut menggunakan alfabet Spanyol dan sedang dipertimbangkan apakah akan beralih ke Hangul. Setidaknya butuh hampir tiga tahun bagi tim untuk mempelajari dan mengembangkan sistem tulisan, yang disponsori oleh Yayasan Riset Nasional Korea tersebut.

Menurut laporan Korea Times, suku Aymaran diperkirakan memiliki populasi tiga juta di Bolivia, Peru, dan Chile. Suku ini menjadi suku terbesar di Bolivia setelah Quechua. Presiden Bolivia sendiri berasal dari suku Aymaran.

Para peneliti mengatakan bahwa mereka sudah memulai studi pada tahun 2012 setelah menemukan bahwa bahasa Aymaran dan Korea memiliki banyak kesamaan dalam hal urutan kata dan tata bahasa.

Baca juga: Bakal ‘Lawan’ Negaranya Sendiri, Ini 3 Pemain Timnas Korsel yang Kata STY Paling Berbahaya

Tim juga mengatakan bahwa mereka saat ini sedang bekerja pada sebuah metode input teks Aymaran-Korea untuk perangkat komputer dan mobile sehingga anggota suku dapat dengan nyaman menggunakan Hangul dalam kehidupan sehari-hari mereka.

“Kami berharap pengembangan sistem tulisan Korea untuk suku Aymaran akan memberikan kontribusi dalam penyebaran alfabet Korea, Hangul, dan budaya Korea ke seluruh dunia, serta menciptakan pasar baru dengan menggunakan kesamaan dalam bahasa,” kata Kwon.

Pada tahun 2010, suku minoritas di Indonesia, Cia-Cia di kota Bau-Bau, Pulau Buton di Sulawesi Tenggara juga menjadi berita utama di Korea Selatan karena mengadopsi alfabet Korea sebagai sistem tulisan resminya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)