home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Demo Anti Jepang, Pria Korsel Bakar Diri

Kamis, 13 Agustus 2015 08:02 by fzhchyn | 1880 hits
Demo Anti Jepang, Pria Korsel Bakar Diri
Image source: Reuters

DREAMERSRADIO.COM - Menjelang peringatan 70 tahun berakhirnya pendudukan Jepang di Semenanjung Korea, banyak warga Korea yang melakukan aksi di depan Kedutaan Besar Jepang pada Rabu (12/8) kemarin. Dalam aksi demonstrasi tersebut, ada seorang pria yang nekat melakukan tindakan yang berbahaya.

Dalam aksi protes yang menuntut Jepang meminta maaf karena memaksa gadis-gadis Korea menjadi budak seks di rumah bordil militer selama Perang Dunia II, seorang pria berusia 80 tahun bernama Choi Hyun-yeol membakar dirinya sendiri.

Melansir CNN, aksi demonstrasi ini lebih besar dari pada biasanya, dengan massa berjumlah hingga 2.000 orang, tiga di antaranya merupakan bagian dari 47 "wanita penghibur" atau jugun ianfu yang selamat.

Ketika aksi bakar diri itu terjadi, para demonstran lainnya berusaha untuk memadamkan api dengan spanduk yang digunakan untuk protes lalu segera dilarikan ke rumah sakit. Dokter pun menyatakan  kondisi Chio kritis karena luka bakar di leher, wajah, dan tubuh bagian atas.

Baca juga: Sah, Presiden Jokowi Tanda Tangani Naskah UU Cipta Kerja Setebal 1.187 Halaman

"Pasiennya tua dan memiliki luka bakar yang parah sehingga kelangsungan hidupnya tidak dapat dijamin," kata dokter tersebut, dikutip dari Reuters.

Di Korea Selatan, penjajahan Jepang periode 1910-1945 di Semenanjung Korea masih menjadi subjek yang sensitif.

Hubungan Korea Selatan dengan Jepang telah lama tegang. Seoul menilai pemimpin Jepang enggan meminta maaf atas masa perang di negara itu, termasuk pengakuan penuh dan permintaan maaf karena memaksa gadis-gadis Korea untuk bekerja di rumah bordil.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)