home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Langgar Hak Cipta, Starbucks Dituntut 10 Miliar oleh Seniman Brooklyn

Rabu, 01 Juli 2015 09:00 by fzhchyn | 3521 hits
Langgar Hak Cipta, Starbucks Dituntut 10 Miliar oleh Seniman Brooklyn
Image source: greatideas.

DREAMERSRADIO.COM - Maya Hayuk adalah seorang seniman di Brooklyn yang dikenal dengan seni mural abstrak berwarna-warni yang ia ciptakan di seluruh dunia. Sekarang, dirinya menggugat salah satu perusahaan kopi, Starbucks karena diduga menggunakan karya seninya untuk desain cup mini Frappucino.

Hayuk dan pengacaranya mengajukan gugatan pada 24 Juni dan mengatakan bahwa desain untuk cup mini Frappucino yang digunakan Starbucks adalah karya seninya, dilansir The Daily Mail. Starbuck meluncurkan mini Frappucino pada Mei lalu dan hanya tersedia sampi Juli mendatang saja.

Diketahui bahwa Starbucks pernah menawarkan pada Hayuk bulan Oktober lalu dan mengatakan bahwa mereka “menyukai karyanya”, namun Hayuk terlalu sibuk untuk bekerja dengan perusahaan kopi.

Hayuk mengatakan bahwa desain cup milik Starbucks yang dinamis dan bentuk segitiganya “sangat mirip” dengan lima lukisannya.

Baca juga: Big Hit Music Tanggapi Masalah Hak Cipta di Lagu BTS ‘Butter’

Menanggapi hal ini, salah seorang juru bicara Starbucks pun mengatakan, “Kami menyadari keluhan telah diajukan, dan kami sedang menyelidiki tuduhan ini.”

Hayuk yang juga memposting beberapa karyanya di website pribadinya menggugat Starbucks di pengadilan federal Manhattan sebesar 750.000 dolar atau sekitar 10 miliar rupiah atas hukum hak cipta dan kerugian mareril yang tak disebutkan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)