home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Krisis Ekonomi Makin Parah, Yunani Tutup Bank

Senin, 29 Juni 2015 12:56 by syaifan | 1746 hits
Krisis Ekonomi Makin Parah, Yunani Tutup Bank
Image source: reuters.com

DREAMERSRADIO.COM - Krisis ekonomi yang melanda Yunani sejak beberapa tahun terakhir mencapai puncaknya pada Senin (29/6) pagi ini. Pemerintah Yunani mengeluarkan pengumuman publik bahwa semua bank di Yunani akan ditutup secara serentak mulai hari ini hingga 6 Juli 201 mendatang. Demikian seperti dikutip New York Times.

Akibat penutupan bank tersebut, warga Yunani pun berbondong-bondong mendatangi ATM dan mengambil uang mereka meski harus antre dengan waktu yang cukup lama. Saat mengambil uang di ATM pun mereka juga dibatasi maksimal hanya bisa menarik sebanyak 60 Euro saja.

Keputusan penutupan bank yang disampaikan oleh Perdana Menteri Alexis Tsipras dalam pidatonya yang ditayangkan pada Minggu (28/6) malam tadi ini dilakukan menyusul pernyataan Bank Sentral Eropa yang mengatakan tidak akan memperpanjang masa pinjaman Yunani.

Negosiasi yang dilakukan akhir pekan lalu terhadap Bank Sentral Eropa tidak menemui kesepakatan baru karena Yunani belum bisa melunasi hutang dari pinjaman mereka sebelumnya. Masa pinjaman Yunani sendiri diketahui akan berakhir pada Selasa (30/6) besok.

Baca juga: Pemandangan Indah, Ini 5 Lokasi Syuting Drama Korea di Luar Negeri

Untuk mengatasi hal ini, Alexis Tsipras mengatakan akan menggelar referendum pada Minggu (5/6) mendatang guna mengambil keputusan dari warganya apakah Yunani akan mengambil pinjaman baru dari kreditor internasional lainnya yang sudah menawarkan pinjaman ke negara Eropa Timur tersebut.

Di saat yang bersamaan, Alexis pun menyampaikan kekecewaannya terhadap para menteri keuangan negara-negara Eropa yang menolak permohonan perpanjangan pinjaman Yunani. Bahkan, ia merasa para menteri tersebut seperti ingin memeras Yunani dan menghalangi kebebasan berdemokrasi.

“Hal ini sangat jelas terlihat bahwa keputusan ini tidak lain adalah bertujuan untuk memeras rakyat Yunani dan menghalangi prosedur kelancaran demokrasi dari sebuah referendum,” katanya. (Syf)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)