home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kemenkes RI: Virus MERS tak Bisa Dibendung di Bandara

Jumat, 12 Juni 2015 12:59 by ningcil | 2237 hits
Kemenkes RI: Virus MERS tak Bisa Dibendung di Bandara
Image source: themalaysia

DREAMERSRADIO.COM - Prof dr Tjandra Yoga Aditama, anggota Komite Emergency WHO dan kepala Badan Penelitian Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI, mengatakan pemeriksaan di banda tidak sepenuhnya membendung wabah Sindrome Pernafasan Timur Tengah (MERS.

Mengacu kasus di Korea Selatan (Korsel), Prof Tjandra mengatakan virus MERS yang dibawa seseorang sama sekali tidak terdeteksi, ketika si pembawa melewati pemeriksaan di bandara.

"Coba lihat kasus pertama MERS di Korsel," ujar Prof Tjandra kepada INILAHCOM. lewat pesan singkat. "Saat pasien berusia 68 tahun itu tiba dari Timur Tengah di Bandara Incheon pada 4 Mei 2015, dia sehat-sehat saja, tidak ada gejala, sehingga tidak terdeteksi."

Baca juga: Kembali ke Tanah Air, Jamaah Haji Asal NTB Diduga Terkena Virus Mers

Seseorang, masih menurut Prof Tjandra, bisa saja terjangkit MERS tapi tidak sakit dan tanpa keluhan. Akibatnya, virus MERS di tubuh pasien tidak terdeteksi. "Jika tiba di bandara dalam keadaan demam, thermal scanner akan mendeteksi," demikian Prof Tjandra.

"Jika tidak, alat apa pun yang ditempatkan di bandara tidak mampu mendeteksi." Prof Tjandra melanjutkan; "Jadi, pemeriksaan di bandara -- yang memang amat penting -- tidak menjamin bisa membendung virus MERS masuk ke satu negara."

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)