home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Peringatan Tsunami Dikeluarkan Pasca Gempa Di Papua New Guinea

Senin, 30 Maret 2015 13:45 by reinasoebisono | 1368 hits
Peringatan Tsunami Dikeluarkan Pasca Gempa Di Papua New Guinea
Image source: Sky News

DREAMERSRADIO.COM - Sebuah gempa berkekuatan 7.7 Skala Richter terjadi di lepas pantai Papua New Guinea hari ini Senin, (30/3) pukul 10.00 waktu setempat, peringatan tsunami pun dikeluarkan. Diperkirakan gelombang setinggi 3-4 meter akan menerjang sampai kejauhan 1.000 km.

Hal ini berarti tsunami tersebut akan berimbas ke pantai sejauh Rusia, China, Australia, Filipina, Indonesia, hingga Antartika akan terkena pengaruh gelombangnya, sebagaimana yang dilansir dari Sky News.

Menurut US Geological Survey, gempa melanda pada kedalaman 65 km, 54 km sebelah tenggara dari kota Kokopo di pulau New Britain dan 789 km dari ibukota Port Moresby. Hal ini diikuti oleh l gempa susulan 5.7 SR di daerah yang sama.

Baca juga: Laporan Simpang Siurnya Puluhan Korban Tewas Gempa Besar Papua 7.4 SR

Belum ada laporan mengenai kerusakan besar ataupun berita lebih lanjut mengenai gelombang yang terjadi. Namun, beberapa daerah di Pasifik telah berada dalam siaga tinggi untuk gelombang tsunami yang diperkirakan masuk kategori ‘hazardous’ atau berbahaya setelah gempa kuat tersebut.

Gempa bumi sering terjadi di Papua Nugini yang terletak di apa yang disebut Cincin Api Pasifik (Pacific Ring Of Fire), Papua menjadi pusat kegiatan seismik yang disebabkan oleh gesekan antara lempeng tektonik tersebut. (rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)