home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jelang Gerhana Matahari Total Besok, Masyarakat Diperingatkan Agar Tidak Selfie

Kamis, 19 Maret 2015 16:04 by citra09 | 5601 hits
Jelang Gerhana Matahari Total Besok, Masyarakat Diperingatkan Agar Tidak Selfie
Image source: Wallconvert

DREAMERSRADIO.COM - Gerhana matahari total dikabarkan akan melanda beberapa wilayah di Eropa pada Jumat (20/03) besok. Para spesialis kesehatan mata pun memperingatkan masyarakat agar tidak memotret diri mereka alias melakukan selfie saat gerhana berlangsung karena bisa berakibat fatal.

Dikutoip dari CNN Indonesia berdasarkan The Telegraph, berfoto selfie saat gerhana matahari total bisa mengakibatkan kerusakan pada mata. Daniel Hardiman-McCartney dari College of Optometrists di Inggris mengatakan, mengambil foto menggunakan iPhone atau kamera biasa sama bahayanya dengan melihat matahari secara langsung dengan mata telanjang, yaitu mampu membakar retina mata dan berujung pada kebutaan.

Walau menggunakan pelindung seperti kacamata hitam, belum cukup untuk melindungi mata dari kerusakan. Jika bersikeras ingin berfoto selfie, disarankan menggunakan kacamata khusus yang bisa menghalang sinar matahari berbahaya dan mencegah penyakit mata makula, yakni kerusakan pada inti retina akibat radiasi matahari.

"Tak ada sistem aman untuk melihat gerhana secara langsung. Tapi, melihatnya dari video atau foto di ponsel tidak menimbulkan bahaya," terang McCartney. Bahkan menggunakan teleskop atau binokular sekalipun sangat tidak disarankan karena masih memiliki risiko tinggi.

Gerhana matahari total yang akan menyerang kawasan Eropa akan terjadi pada pagi hari di London, Inggris, gerhana akan mulai pada pukul 08:24 waktu setempat. Gerhana ini juga cukup membuat Jerman gempar karena negara itu menggunakan energi surya sebanyak 7 persen.

Baca juga: Apa Sih Gerhana Matahari Cincin Yang Akan Hiasi Langit Indonesia 26 Desember 2019 Nanti?

Sayangnya tidak bisa seluruh dunia bisa menyaksikan gerhana ini. Peristiwa langka ini hanya bisa diamati dari ujung selatan Greenland sampai Islandia dan Inggris. Sedangkan Indonesia tidak bisa menyaksikannya secara langsung.

(CNN Indonesia/Ctr)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)