home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Takut Pengaruhi Kejiwaan, Keluarga Tak Diizinkan Lihat Kondisi Jenazah AirAsia QZ 8501

Senin, 05 Januari 2015 11:32 by citra09 | 2419 hits
Takut Pengaruhi Kejiwaan, Keluarga Tak Diizinkan Lihat Kondisi Jenazah AirAsia QZ 8501
Image source: Time.com

DREAMERSRADIO.COM - Memasuki hari ke-8 pasca insiden hilang kontrak pesawat AirAsia QZ 8501 yang terbang dari Surabaya ke Singapura pada Minggu (28/12), pencarian pun masih terus dilakukan. Lebih dari 100 jenazah penumpang hingga kini juga masih dinyatakan hilang.

Pihak keluarga penumpang AirAsia pun masih terus menantikan keberadaan keluarga mereka yang masuk sebagai penumpang. Menurut psikolog, pihak keluarga disarankan untuk tidak melihat langsung kondisi jenazah yang sudah ditemukan karena akan sangat memengaruhi kondisi kejiwaan.

"Meskipun mental keluarga korban kuat saat memutuskan ingin melihat jenazah, bisa jadi hal itu membawa efek sikologi yang negatif. Contohnya, terbayang-bayang dan efek ini tergantung pada kedekatan keluarga korban," kata Humas Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) Hendro Riyanto di posko ante-mortem, Minggu (4/1), seperti dikutip Kompas.com.


Image source: Kompas.com

Baca juga: Pengakuan 'Muak' CEO AirAsia Pada K-Pop yang Miliki Istri Orang Korea Selatan

Melihat langsung kondisi jenazah juga bisa menciptakan memori atau kenangan buruk di pikiran yang akan terus diingat, misalnya bisa mengalami mimpi buruk, merasa cemas, stress, hingga phobia dengan pesawat terbang.

Ditambah lagi, semakin hari kondisi jenazah juga sulit untuk dikenali karena sudah rusak atau membusuk akibat terlalu lama di dalam air. Hingga Senin (05/01) pagi, setidaknya 9 dari 34 jenazah sudah berhasil teridentifikasi.

(Kompas/Ctr)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)