home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow! Lampu Ini Sudah Menyala Selama 113 Tahun!

Sabtu, 20 Desember 2014 10:00 by fzhchyn | 2814 hits
Wow! Lampu Ini Sudah Menyala Selama 113 Tahun!
odditycentral.com

DREAMERSRADIO.COM - Umumnya bola lampu atau bohlam hanya dapat menyala beberapa bulan saja, dan setelah itu harus diganti dengan yang baru. Namun sebuah lampu Centennial Light-Bulb di Fire Station No. 6 di Livermore, California ini sudah menyala terus-menerus sejak tahun 1901!

Tanggal pasti kapan lampu tersebut dipasang tidak diketahui, namun biasanya ulang tahun lampu tersebut selalu dirayakan pada tanggal 18 Juni, dilansir odditycentral. Sejak saat itu lampu itu terus menyala redup di atas mobil pemadam kebakaran.

Terlepas dari beberapa pemadaman listrik yang terjadi dalama 113 tahun terakhir, bola lampu ini hanya mengalami dua kali istirahat, yaitu pada tahun 1976 saat stasiun pemadam kebakaran pindah dan lampu harus dipasang di tempat lain.

Dan ke dua adalah pada tahun 2013 lampu itu mati selama 9 jam 45 menit. Ketika lampu itu dipindahkan hampir 40 tahun yang lalu, orang-orang sangat berhati-hati agar kabelnya tidak terputus bahkan dikawal oleh polisi dan pemadam kebakaran. Hal itu berlangsung selama 22 menit, setelah itu lampu menyala seperti biasa.

Bola lampu yang mengesankan ini tampaknya sebuah lampu pijar yang disempurnakan dengan filamen karbon. Debora Katz, seorang fisikawan di US Naval Academy di Annapolis telah melakukan penelitian ekstensif pada bola lampu seabad ini dan apa yang membuatnya begitu istimewa adalah adalah karena bola lampu vintage ini dari Shelby Electric Co yang merupakan replika dari lampu Livermore.

Baca juga: Cerita Dokter Tertipu Lampu Ajaib Aladdin Seharga Rp 4,8 M

“Lampu Livermore berbeda dari lampu pijar kontemporer lainnya dalam dua hal,” kata Katz. “Pertama, filamennya delapan kali lebih tebal dari lampu biasa. Kedua, filamennya semikonduktor dan kemungkinan besar terbuat dari karbon. Saat konduktor lebih panas, kemampuan menghantarkan listriknya menurun.”

Bola lampu Livermore ini telah membingungkan para ilmuwan lebih dari satu abad, dan sejauh ini belum ada yang bisa menjelaskan bagaimana ia bisa bertahan begitu lama. Untuk menjelaskan lebih lanjut masalah ini, Katz berencana untuk menguji filamen lampu Shelby di Annapolis Naval Academy.

Bola lampu seabad ini telah diakui Guineness World Record sebagai lampu yang menyala terlama di dunia. Lampu ini menarik begitu banyak perhatian orang-orang di Fire Station sehingga memasang live-cam dengan fokus ke lampu tersebut, yang di-refresh setiap 10 detik. Menariknya, lampu tersebut hidup lebih lama dibandingkan dengan tiga kamera yang terpasang.

(zia)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)