home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Ternyata Ada 4 Ribu Lebih Pengungsi Indonesia di Amerika Serikat!

Selasa, 01 Juli 2014 12:13 by syaifan | 3813 hits
Wah, Ternyata Ada 4 Ribu Lebih Pengungsi Indonesia di Amerika Serikat!
defence.gov

DREAMERSRADIO.COM - Ditengah permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia belakangan ini, ternyata Indonesia bukanlah sebuah negara yang baik untuk ditinggali dan tempat mencari penghidupan bagi sejumlah orang. Mereka pun memilih untuk menjadi pengungsi di negara adidaya Amerika Serikat.

Dilansir dari Global Post, sejumlah data baru-baru ini dirilis tentang jumlah pengungsi yang ada di Amerika Serikat sejak tahun 1951 silam. Yang mengejutkan, dari daftar tersebut ternyata ada lebiyh dari 4 ribu pengungsi di Amerika Serikat yang berasal dari Indonesia.

Dari data yang dirilis oleh UNHCR per tahun 2013 lalu, diketahui jumlah pengungsi di Amerika Serikat tertinggi berasal dari Asia. Cina adalah penyumbang pengungsi terbesar di mana para pengungsi tersebut meminta hak suaka sejak puluhan tahun lalu karena tidak nyaman tinggal di negaranya.

Entah dari mana dan apa alasannya ada pengungsi asal Indonesia di Amerika Serikat yang mencapai ribuan orang tersebut. Mereka kini dilaporkan mendapatkan hak hidup yang lebih baik sebagaimana permintaan mereka untuk suaka dikabulkan oleh pemerintah setempat.

Baca juga: Bocoran untuk Penyumbang, Kebutuhan Inilah yang Paling Diperlukan Oleh Pengungsi Korban Tsunami Banten

Dari defenisi yang disampaikan setelah konvensi pengungsi di Amerika Serikat pada tahun 1951 tersebut, mereka menyebutkan bahwa pengungsi adalah seseorang yang meminta perlindungan karena alasan mendapatkan tekanan soal ras, gender, agama, pilihan politik, dari kelompok atau golongan tertentu.

Tentu saja hal ini cukup mengejutkan karena di satu sisi, Indonesia juga adalah tujuan sejumlah pencari suaka dari berbagai macam negara karena konflik dan lain halnya. Namun di sisi lain, ternyata juga ada warga negara Indonesia yang menjadi pengungsi dengan mencari suaka di negara lain.

Hmm.. bagaimana menurutmu, Dreamers? (Syf)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)