home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bocah 9 Tahun Temukan Fosil Manusia Purba

Minggu, 21 April 2013 01:00 by miko | 6647 hits
Bocah 9 Tahun Temukan Fosil Manusia Purba
blog.essayweb.net

Jika biasanya fosil purba ditemukan oleh seorang peneliti. Namun Matthew Berger merupakan bocah 9 tahun yang menemukan tulang fosil manusia purba, Australopithecus sediba. Sedangkan ayahnya Lee Berger merupakan paleontolog membenarkan anaknya menemukan fosil yang hidup 2 juta tahun lalu.

Dilansir dari Newscientist, pada 2008 silam, Matthew yang berusia 9 tahun menemukan tulang bahu dan rahang yang tertanam dalam sebuah batu Australopithecus sediba diyakini merupakan nenek moyang paling awal manusia.

Kabarnya, arkeolog telah menemukan lebih banyak fosil manusia purba dalam beberapa tahun terakhir. Australopithecus sediba ditemukan di gua Malapa, sebelah barat laut Johannesburg, Afrika Selatan.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Fosil 'Monster' Laut, Peneliti: Seperti Buaya Super Besar!

Sementara itu, Wikipedia menerangkan, Australopithecus sediba diketahui setidaknya dari empat kerangka tak lengkap yang ditemukan di Situs Fosil Malapa, Afrika Selatan. Fosil-fosil itu antara lain satu manusia purba berjenis pria (MH1, holotipe), satu wanita dewasa (MH2), serta sedikitnya satu orang dewasa lainnya dan bayi diduga berusia 18 bulan.

Australopithecus sediba dipercaya hidup di padang rumput, manusia purba ini pemakan buah dan makanan lain dari hutan. Untuk perilaku manusia purba ini mirip dengan simpanse sabana. Lebih dari 220 fragmen fosil manusia purba telah ditemukan oleh arkeolog. Penamaan sediba berarti 'mata air alami' atau 'sumur', yang diambil dari bahasa Sotho, Afrika Selatan.

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)