home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gerbang Belakang DPR Jebol, Yuk Intip Cara Gampang Pahami Masalah Demo ‘Peringatan Darurat’ Hari Ini

Kamis, 22 Agustus 2024 16:10 by reinasoebisono | 224 hits
Gerbang Belakang DPR Jebol, Yuk Intip Cara Gampang Pahami Masalah Demo ‘Peringatan Darurat’ Hari Ini
Image source: Tirto.id

DREAMERS.ID - Demonstrasi yang terjadi hari ini di Gedung DPR/MRP RI, Jakarta, Kamis (22/8) terpantau semakin memanas. Diawali di gerbang depan dengan berbagai orasi dari warga sipil, politikus sampai artis dan public figure, kini dilaporkan gerbang belakang Gedung DPR sudah jebol.

Melansir CNBC Indonesia pukul 14.30 WIB, demonstran yang mayoritas dari kalangan mahasiswa menggunakan tali dan menraik gerbang hingga jatuh. Demonstran pun beranjak masuk ke dalam namun dihadang oleh beberapa apparat yang telah bersiaga lengkap dengan peralatan.

Meski dihadang, massa tetap kompak sambil menyanyikan beberapa lagu yang membakar semangat aksi demo itu. Sementara di gerbang depan massa juga mencoba masuk dengan merusak dan merobohkan pagar serta ada asap yang membumbung di sejumlah titik.

Demo hari ini tidak lepas dari tren yang juga merebak di dunia maya soal ‘Peringatan Darurat Indonesia’ yang disertai gambar garuda putih dengan background biru. Lambang negara tersebut viral di X dan Instagram yang juga turut diunggah oleh artis, influencer dan public figure lainnya.

Netizen kompak memprotes Tindakan DPR yang dianggap ‘membegal’ konstitusi. Melansir BBC Indonesia, delapan dari sembilan fraksi di DPR sepakat untuk hanya menerapkan sebagian putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait syarat pencalonan kepala daerah pada rancangan perubahan UU Pilkada.

Padahal, sehari sebelumnya, putusan MK tersebut disambut baik karena dianggap mengubah konstelasi politik jelang Pilkada 2024 yang sebelumnya dinilai pakar tidak berimbang karena muncul koalisi-koalisi ‘gemuk’.

Berikut adalah penjelasan perbedaan putusan Mahkamah Konstitusi dan DPR soal UU Pilkada.

Dan berikut kronologi kisruh ambang batas dan usia pencalonan Pilkada.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Demonstrasi yang terjadi hari ini di Gedung DPR/MRP RI, Jakarta, Kamis (22/8) terpantau semakin memanas. Diawali di gerbang depan dengan berbagai orasi dari warga sipil, politikus sampai artis dan public figure, kini dilaporkan gerbang belakang Gedung DPR sudah jebol....
  • HOT !
    Seperti yang telah diketahui, Gibran Rakabuming Raka yang juga adalah Wakil Presiden Terpilih, sudah resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo pada Selasa (16/7) kemarin. Pengunduran diri ini diajukan beberapa bulan setelah dirinya ditetapkan sebagai wakil presiden terpilih di Pilpres 2024....
  • HOT !
    Nama Anies Baswedan muncul di peringkat top elektabilitas Pilgub Jakarta. Hal ini pun direspon oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh yang menurutnya elektabilitas Anies Baswedan mendominasi di berbagai survei....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Jimelsa Anatasha (OC) , Nam Joo Hyuk = Alvaro Gomer Jianheeng, All Member Infinite, Kim Mi Ra

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)