home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Update 48 Orang Tewas Akibat Gempa Potensi Tsunami Jeoang, Bagaimana Nasib WNI Di Sana?

Selasa, 02 Januari 2024 16:34 by reinasoebisono | 419 hits
Update 48 Orang Tewas Akibat Gempa Potensi Tsunami Jeoang, Bagaimana Nasib WNI Di Sana?
Image source: CNBC Indonesia

DREAMERS.ID - Gempa bumi dengan potensi tsunami melanda Jepang bagian Barat pada Senin, pada pukul 16.00 waktu setempat. Badan Meteorologi Jepang sempat mengeluarkan peringatan tsunami besar untuk Prefektur Ishikawa dan peringatan tsunami rendah untuk wilayah pesisir Barat Honshu lainnya hingga Hokkaido.

Peringatan serupa juga diberikan oleh tetangga Jepang seperti Rusia, Korea Utara, dan Korea Selatan.

"Peringatan ini berarti warga yang tinggal di wilayah pesisir masih belum diizinkan untuk kembali ke rumahnya," kata Juru Bicara Pemerintah Jepang, Yoshimasa Hayashi, dikutip Guardian via CNBC Indonesia. "Setiap menit berarti. Mohon segera dievakuasi ke tempat yang aman,"

Dalam update terbaru yang dirilis pihak Jepang di Selasa pagi, korban tewas akibat gempa bermagnitudo 7.6 SR itu telah meningkat menjadi 48 orang. Media milik pemerintah, NHK, melaporkan beberapa orang mengalami luka ringan ketika mereka tersandung dan terjatuh saat melarikan diri. Sebagian juga terluka setelah tertimpa benda jatuh dari rak.

Hayashi juga turut menyampaikan jika pembangkit listrik tenaga nuklir atau PLTN di daerah yang terdampak gempa tidak melaporkan adanya penyimpangan. Begitu juga dengan regulator nuklirnya tidak dideteksi adanya peningkatan radiasi.

Sementara itu pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo memastikan hingga Selasa (2/1) tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban jiwa akibat gempa di Prefektur Ishikawa, Senin (1/1) sore.

“Dari komunikasi yang dilakukan KBRI Tokyo dengan simpul masyarakat, sejauh ini tidak ada laporan WNI menjadi korban jiwa. Hingga Selasa siang (2/1) tercatat sembilan orang WNI yang masih berada di tempat penampungan, terdiri dari mahasiswa dan pemagang,” kata Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi di Tokyo.

“Beberapa menit setelah kejadian bencana tim KBRI Tokyo telah melakukan kontak melalui hubungan telepon kepada simpul-simpul masyarakat di lokasi bencana. Mereka umumnya telah meninggalkan hunian berdasarkan arahan dari pemerintah setempat untuk tinggal sementara di lokasi penampungan,” katanya.

 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)