home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Herannya Dokter Spesialis Soal Melonjaknya Pneumonia di Cina, Indonesia Perlu Waspada?

Kamis, 30 November 2023 12:38 by reinasoebisono | 362 hits
Herannya Dokter Spesialis Soal Melonjaknya Pneumonia di Cina, Indonesia Perlu Waspada?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Kasus pneumonia di Cina menarik perhatian Masyarakat dunia, terutama karena terjadinya lonjakan yang disinyalir disebabkan oleh sejumlah pathogen misterius. Mycoplasma pneumoniae disebut-sebut menjadi salah satu pathogen meningkatnya kasus pneumonia.

Pasalnya, kasus ini membuat heran para dokter karena umumnya mycoplasma adalah bakteri yang menyebabkan infeksi ringan pada system pernapasan. Sehingga penyakit yang ditimbulkan biasanya tidak terlalu berat.

"Biasanya sih penyakitnya ringan, saya juga heran kenapa di China sekolah sampai ditutup," kata dr Erlina Burhan, SpP, Spesialis paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

Cina mencatat adanya kenaikan kasus rawat jalan dan rawat inap pada anak karena Mycoplasma pneumoniae. Karena itu, dr Erlina menduga ada infeksi beberapa pathogen yang menyebabkan lonjakan kasus di sana.

Mycoplasma pneumoniae juga penyakit menular karena menyerang sistem saluran pernapasan atas. Ketika seseorang yang terinfeksi M. pneumoniae batuk atau bersin, mereka bisa mengeluarkan droplet yang mengandung bakteri tersebut.

"Saya kira untuk pencegahan saat ini ortu ikut berpartisipasi, kalau anak batuk jangan ke sekolah dulu. Kita lebih waspada dulu jangan sebelum parah baru dibawa ke rumah sakit," tandasnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Marsekal Purn. Hadi Tjahjanto yang kini menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) ternyata mendapat tiga ‘warisan’ alias titipan tugas dari pejabat sebelumnya, yaitu Mahfud MD....
  • HOT !
    Korea Selatan mengesahkan sebuah undang undang baru terkait larangan penyembelihan dan penjualan anjing atau perdagangan anjing untuk dimakan. Kegiatan tersebut resmi menjadi terlarang di Korea Selatan....
  • HOT !
    Kabar mengejutkan meninggalnya aktor Korea Selatan, Lee Sun Kyun setelah ditemukan tak bernyawa di dalam mobilnya kembali mengangkat isu besar di Korea Selatan terkait krisis bunuh diri di sana. Dilaporkan sebelumnya, polisi telah mencarinya setelah keluarga yang notabene sang istri melaporkan ia meninggalkan rumah di pagi hari setelah menulis pesan mirip surat wasiat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Chanyeol Park, OC, Byun Baekhyun, EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)