home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jumlah Mahasiswa Internasional di Korea Melonjak, Ada Faktor Penurunan Populasi

Senin, 08 Mei 2023 15:00 by fzhchyn | 972 hits
Jumlah Mahasiswa Internasional di Korea Melonjak, Ada Faktor Penurunan Populasi
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Jumlah mahasiswa internasional yang terdaftar di institusi pendidikan tinggi Korea semakin banyak. Pada 7 Mei, data dari Kementerian Pendidikan Korea menunjukkan bahwa jumlah tersebut mencapai angka tertingginya pada tahun lalu.

Menurut data, terdapat 166.869 mahasiswa asing yang terdaftar di universitas dan perguruan tinggi dalam negeri per 1 April 2022, meningkat 10 persen dari tahun sebelumnya dan melebihi tingkat pra-pandemi.

Jumlah mahasiswa internasional termasuk mereka yang terdaftar di program gelar dan non-gelar, seperti kursus bahasa, pertukaran pelajar dan trainee kunjungan. Angka tersebut tercatat tertinggi sejak tahun 1998, ketika data tersebut pertama kali disusun oleh kementerian.

Baca juga: Bakal ‘Lawan’ Negaranya Sendiri, Ini 3 Pemain Timnas Korsel yang Kata STY Paling Berbahaya

Sejak 2015, jumlah pelajar internasional di Korea tumbuh sekitar 10 persen setiap tahun. Jumlahnya melebihi angka 100.000 pada tahun 2016 untuk pertama kalinya dan terus meningkat menjadi lebih dari 160.000 pada tahun 2019. Namun jumlahnya turun menjadi 153.676 pada tahun 2020 dan 152.258 pada tahun 2021 di bawah pengaruh pandemi COVID-19.

Meningkatnya angka tersebut bukan hanya karena kelas-kelas kembali beroperasi penuh, tetapi juga karena universitas-universitas Korea telah aktif merekrut mahasiswa internasional karena populasi negara yang terus menurun. Korea memiliki tingkat kelahiran yang sangat rendah dan populasi yang menua dengan cepat.

Kementerian Pendidikan Korea berencana untuk menarik lebih banyak pelajar asing. Menteri Pendidikan Lee Ju Ho mengatakan, “Kementerian akan berupaya memperbaiki sistem beasiswa dan masalah visa untuk membantu ekonomi lokal dengan menarik siswa internasional berbakat.”

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)