home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dua Negara Ini Resmi Tarik Satu Varian Indomie, Apa Kabar Indonesia?

Kamis, 27 April 2023 14:20 by reinasoebisono | 601 hits
Dua Negara Ini Resmi Tarik Satu Varian Indomie, Apa Kabar Indonesia?
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Pemberitaan sempat dihebohkan oleh laporan dari otoritas Taiwan yang memerintahkan seluruh toko penjualan di Ibu Kotanya untuk menarik satu varian produk Indomie setelah hasil ujinya ditemukan zat pemicu kanker.

Melansir CNBC Indonesia, Departemen Kesehatan Taipet merilis hasil pengujian produk Indomie Rasa Ayam Spesial terdapat etilen oksida yang diketahui adalah zat pemicu kanker. Dan tidak hanya berhenti sampai di Taiwan atau Taipei saja ternyata.

Karena menurut kabar terbaru, Kementerian Kesehatan Malaysia juga resmi menarik peredaran Indomie Rasa Ayam Spesial di negaranya. Menteri Kesehatan Malaysia, Muhammad Radzi Abu Hassan mengatakan bahwa pihaknya sudah resmi menarik Indomie Rasa Ayam Spesial yang diimpor dari Indonesia.

"Kementerian telah mengeluarkan perintah Hold, Test, and Release produk tersebut di semua titik masuk ke dalam negeri," tegas Radzi.

Namun berdasarkan penelusuran pada hari ini Kamis (27/4) di sejumlah minimarket Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, Indomie Rasa Ayam Spesial masih dijual banyak. Pegawai minimarket juga mengaku belum menerima himbauan atau perintah penarikan produk tersebut,

Sementara itu, nomor registrasi 231509012002 yang tercantum di kemasan Indomie Rasa Ayam Spesial juga masih teregistrasi di laman Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Hingga saat ini, BPOM belum memberikan pernyataan resmi terkait isu yang menimpa Indomie Rasa Ayam Spesial.

Berkaitan dengan rilis hasil uji Taipei pada Senin (24/4) lalu, Kepala Divisi Obat dan Makanan Departemen Kesehatan Taipei, Chen Yi-ting, mengatakan bahwa pemeriksaan mi instan di kota dilakukan dengan memilih secara acak 30 produk dari supermarket, toko serba ada, hypermarket, pasar basah tradisional, toko makanan Asia Tenggara, dan importir grosir.

Etilen oksida sendiri adalah senyawa kimia yang berkaitan erat dengan kanker kelenjar getah bening alias limfoma dan kanker darah leukimia. Senyawa itu ditemukan di varian Indomie: Rasa Ayam Spesial dan Mie Kari Putih Ah Lai.

Melanjuti hal tersebut, Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Fransiscus (Franky) Welirang mengatakan bahwa produk mi instan yang diekspor perusahaannya sudah sesuai dengan ketentuan BPOM dan Badan Pengawas Makanan dan Obat dari negara tujuan.

"Pada prinsipnya kami mengikuti ketentuan BPOM dan ketentuan FDA dari negara-negara pengimpor produk kami," ujar Franky.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)