home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Doyan Thrifting? Simak Arahan Dari Mas Menteri Sandiaga Agar Sesuai Koridor Hukum Ya!

Selasa, 07 Maret 2023 13:51 by reinasoebisono | 513 hits
Doyan Thrifting? Simak Arahan Dari Mas Menteri Sandiaga Agar Sesuai Koridor Hukum Ya!
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Kegiatan thrifting alias berbelanja barang bekas jadi popular beberapa tahun belakangan. Kegiatan ini dianggap sebagai salah satu alternatif belanja yang memebrikan manfaat tersendiri terutama untuk dampak lingkungan. Harga yang ditawarkan tentu saja miring dan tetap bermerek.

Namun ternyata thrifting ada kekurangannya terutama jika barang hasil impor karena disinyalir bisa saja tidak terkena bea cukai dan hal legal lainnya. Karenanya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan jika barang-barang bekas yang dijual harusnya berasal dari dalam negeri dan bukan hasil impor.

"Thrifitng boleh kalau sesuai koridor hukum, barang-barang bekasnya dibeli di Indonesia bukan berdasarkan barang impor yang sudah dilarang, ini tentu sangat dibuka kesempatan," kata dia.

Atau sebagai contoh, seperti yang dilakukan salah satu merek local Indonesia yang memanfaatkan kembali pakaian bekas atau rework clothes dan bisa berinovasi, melansirKompas.com. Salah satu buktinya adalah produk yang sempat dipesan oleh penyanyi Billie Eilish.

Baca juga: Momen Siwon Jadi Pembicara di Rangkaian KTT ASEAN Hingga Ketemu Wapres dan Mas Menteri

"Dia melakukan reworking clothes dari pakaian-pakaian vintage dan ternyata sudah dipakai oleh Billie Eilish dan beberapa selebritas besar dunia. Jadi kegiatan itu harus difasilitasi selama dalam koridor hukum dan tidak gunakan baju impor bekas,” ujar dia.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kemenkop UKM mengusulkan larangan thrifting karena dinilai merusak usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal.

"Memang di peraturan perdagangan kita yang Bea Cukai itu kan sebenarnya dilarang thrifting, impor barang-barang bekas itu kan dilarang," ujar dia.

 Sebagai informasi, pakaian bekas merupakan barang yang dilarang impornya berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 40 tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)