home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jepang Waspada Tsunami Saat Gunung Semeru Erupsi

Senin, 05 Desember 2022 16:30 by muthiasp | 842 hits
Jepang Waspada Tsunami Saat Gunung Semeru Erupsi
Image source: DW

DREAMERS.ID - Gunung Semeru erupsi pada Minggu (4/12) pukul 02.46 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1500 m di atas puncak (± 5176 m di atas permukaan laut). Selain pemerintah setempat yang meningkatkan kewaspadaan, Jepang juga waspada akan tsunami yang datang.

Melansir laman Kyoto News, badan cuaca Jepang telah memperingatkan tsunami dapat tiba di pulau Miyako dan Yaeyama di Prefektur Okinawa sekitar pukul 14.30 waktu setempat, setelah letusan Gunung Semeru.

Peringatan tersebut diumumkan oleh pemerintah Jepang, karena belajar dari tsunami yang timbul akibat meletusnya Gunung Honga Tonga di kepulauan Pasifik Selatan pada 15 Januari 2022. Saat itu, letusan menyebabkan tsunami setinggi 1,2 meter di kawasan Jepang dan Amerika Serikat.

Pakar Vulkanologi ITB Dr. Eng. Mirzam Abdurrachman menjelaskan, "Jepang adalah negara yang sangat hati-hati dan waspada terhadap bencana. Mereka pernah punya pengalaman tsunami yang tidak terantisipasi dengan baik. Sejak itu mereka terus belajar dan mempersiapkan mitigasi sebaik mungkin," mengutip Detik.

Meski demikian, Mirzam juga memaparkan bahwa letusan Gunung Semeru tidak mungkin menyebabkan tsunami karena letaknya di darat. Tsunami bisa terjadi apabila gunung bawah laut yang meletus, seperti Honga Tonga dan Krakatau.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto disebut sempat membuat perjanjian politik. Meski dikonfirmasi beberapa pihak jika perjanjian itu dibuat untuk kepentingan Pilkada 2017 lalu, diyakini pula ada isinya yang berkaitan dengan Pilpres....
  • HOT !
    Tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) kepada Mantan Kepala Divisi Propam Polri Ferdy Sambo telah resmi dikeluarkan yaitu penjara seumur hidup atas kasus pembunuhan terhadap Bigadir Yoshua Hutabarat....
  • HOT !
    Seorang remaja yang selamat dari tragedi Itaewon telah ditemukan tewas bunuh diri. Sebelum ditemukan, remaja ini telah dilaporkan sebagai orang hilang oleh orang tuanya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)