home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waspada Modus Penipuan Berkedok Chat Kurir Paket

Senin, 05 Desember 2022 16:00 by muthiasp | 1056 hits
Waspada Modus Penipuan Berkedok Chat Kurir Paket
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Jenis penipuan semakin banyak macamnya belakangan ini. Terbaru, aksi penipuan berkedok pesan dari kurir pengiriman paket menjadi perbincanan heboh di media sosial.

Dikutip dari akun Instagram @ev**** melalui Detik, terlihat unggahan tangkapan layar, penipu yang mengaku kurir mengirimkan chat dan sebuah lampiran file bernama LIHAT foto paket dalam format APK.

Format APK merupakan berkas paket aplikasi android yang biasa digunakan untuk mendistribusikan dan memasang software. APK yang dikirim ke laman percakapan tersebut digunakan untuk membobol mobile banking korban.

Menurut keterangan, korban yang terlanjur mengklik dan mengunduh file tersebut mendapati saldo di mobile bankingnya ludes. Padahal korban tak pernah menjalankan atau membuka aplikasi apapun serta mengisi user ID atau password pada situs lain.

Pihak J&T Express dalam akun Instagram resminya menyatakan bahwa kurirnya tidak pernah melakukan hal tersebut. Mereka juga meminta masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati dengan oknum yang mengatasnamakan J&T Express.

"Sprinter J&T Express tidak pernah meminta J&T Friends untuk mengunduh aplikasi melalui Whatsapp atau chat. Aplikasi resmi kami hanya ada di App Store dan Play Store dengan nama pencarian 'J&T Express'," tulisnya, mengutip Detik, Senin (5/12).

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto disebut sempat membuat perjanjian politik. Meski dikonfirmasi beberapa pihak jika perjanjian itu dibuat untuk kepentingan Pilkada 2017 lalu, diyakini pula ada isinya yang berkaitan dengan Pilpres....
  • HOT !
    Tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) kepada Mantan Kepala Divisi Propam Polri Ferdy Sambo telah resmi dikeluarkan yaitu penjara seumur hidup atas kasus pembunuhan terhadap Bigadir Yoshua Hutabarat....
  • HOT !
    Seorang remaja yang selamat dari tragedi Itaewon telah ditemukan tewas bunuh diri. Sebelum ditemukan, remaja ini telah dilaporkan sebagai orang hilang oleh orang tuanya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)