home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gunung Berapi Aktif Terbesar di Dunia, Mauna Loa Meletus

Selasa, 29 November 2022 15:45 by muthiasp | 945 hits
Gunung Berapi Aktif Terbesar di Dunia, Mauna Loa Meletus
Image source: USA Today

DREAMERS.ID - Gunung Mauna Loa di Hawaii dilaporkan mulai meletus pada Minggu (27/11) pukul 23.30 waktu setempat. Ini merupakan letusan pertamanya setelah sekitar 38 tahun "tertidur".

Melansir laman Antara, semua lubang letusan masih terbatas di area Moku'āweoweo, puncak kaldera Mauna Loa. Menurut informasi dari Observatorium Gunung Berapi Hawaii, saat ini tidak ada indikasi adanya perpindahan letusan ke zona retakan.

Aliran lahar di area puncak dapat terlihat dari wilayah Kona, dan tertahan di sana sehingga saat ini tidak mengancam wilayah pemukiman warga di area lereng bawah. Meski begitu, dua tempat perlindungan sudah dibangun sebagai tindakan pencegahan.

Sementara itu, mengutip CNBC Indonesia, Layanan Cuaca Nasional di Honolulu mengatakan jejak hingga kurang dari seperempat inci hujan abu dapat menumpuk di beberapa bagian pulau Hawaii.

Badan Manajemen Darurat Hawaii melaporkan lava yang meluap ke bagian barat daya kaldera gunung berapi, atau kawah, telah masuk ke Observatorium Gunung Berapi Hawaii.

Mauna Lao merupakan salah satu gunung berapi terbesar di dunia yang mencakup separuh Pulau Hawaii. Gunung yang sudah 33 kali meletus ini terakhir aktif pada tahun 1984. Sebelum meletus pada Minggu (27/11), aktivitas gempa meningkat sejak bulan Juni 2022.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)