home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

8 WN Korsel Pelanggar Visa Diperintah Playing Victim Saat Ditangkap Imigrasi Indonesia

Kamis, 24 November 2022 08:30 by muthiasp | 623 hits
8 WN Korsel Pelanggar Visa Diperintah Playing Victim Saat Ditangkap Imigrasi Indonesia
Image source: Imigrasi

DREAMERS.ID - Ditjen Imigrasi mengamankan delapan Warga Negara Korea Selatan di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan pada Senin (21/11). Mereka diduga menyalahgunakan visa turis untuk bekerja, dan melakukan play victim saat ditangkap.

Dikutip dari laman resmi Imigrasi, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana mengungkapkan bahwa para WN Korsel yang menyalahgunakan Visa On Arrival (VOA) atau visa turis untuk bekerja itu merupakan tim kreatif dari sebuah PH (rumah produksi).

“Enam orang tim kreatif ini datang menggunakan VOA dan mereka di-hire oleh dua orang WN Korea Selatan, satu pemegang VOA dan yang lain pemegang KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas). Total ada delapan paspor Korsel yang kami amankan,” ungkap Widodo.

Mereka mengaku bekerja di Indonesia untuk ajang pencarian bakat yang disiarkan langsung di stasiun televisi KBS Korea. Terkait dengan video viral yang memperlihatkan penangkapan dramatis, Widodo menyatakan petugasnya sudah sesuai prosedur karena ada perlawanan. 

Baca juga: 5 Pesepakbola Korea Selatan yang Jadi Sorotan Dunia Saat Ini

“Akan tetapi Saya tetap perintahkan agar Direktur Wasdakim melakukan pemeriksaan dan mendalami petugas-petugas imigrasi yang bertugas pada saat itu,” jelas Widodo.

Setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan, WN Korea Selatan yang ditangkap mengaku diperintah agen yang membawa mereka ke Indonesia agar playing victim pada saat dibawa oleh petugas Imigrasi.

Widodo juga memerintahkan Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian untuk mengambil langkah tegas dengan memeriksa agen/pengurus yang menyuruh empat WN Korsel tersebut sesuai aturan hukum.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jenis penipuan semakin banyak macamnya belakangan ini. Terbaru, aksi penipuan berkedok pesan dari kurir pengiriman paket menjadi perbincanan heboh di media sosial....
  • HOT !
    Taeyeon SNSD menjadi korban penipuan properti berupa tanah di Hannam, Seoul seharga lebih dari 1 miliar won atau sekitar Rp 11, 8 miliar. Kasus tersebut kini sudah dilimpahkan ke kejaksaan....
  • HOT !
    Perizinan konser BLACKPINK dan Raisa di SUGBK kembali dibahas dalam pertemuan Menpora Zainudin Amali dengan Direktur Utama Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) Rakhmadi Afifi Kusumo di Kantor Kemenpora....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)