home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sempat Tak Disangka, Ini Beda Gelar Ratu dan Permaisuri yang Disandang Camilla Istri Charles

Minggu, 11 September 2022 13:53 by reinasoebisono | 1098 hits
Sempat Tak Disangka, Ini Beda Gelar Ratu dan Permaisuri yang Disandang Camilla Istri Charles
Image source: Suara

DREAMERS.ID - Camilla Parker Bowles yang bergelar Duchess of Cornwall sempat digadang menjadi wanita paling dibenci di Inggris karena dianggap sebagai penyebab utama berpisahnya Putri Diana dan Pangeran Charles di masa lampau.

Kini, setelah wafatnya Queen Elizabeth II, Camilla yang sebelumnya telah mendapat restu akan segera resmi menyandang gelar Queen Consort. Tapi bukan Queen seperti Ratu Elizabeth II. Apa bedanya?

Secara literal, Queen bermakna Ratu sementara Queen Consort memiliki arti Permaisuri yang ternyata juga memiliki makna fungsional yang berbeda. Gelar Queen, seperti yang disandang Ratu Elizabeth II memiliki makna Ratu yang memiliki kekuasaan mengatur negara.

Namun untuk Camilla yang bergelar Queen Consort, Permaisuri, hanya sebagai pendamping Raja alias King Charles III, suaminya. Queen Consort Camilla tidak memiliki kuasa untuk turut andil untuk mengatur kerajaan.

Baca juga: Akhirnya Ukir Sejarah, Raja Thailand Gandeng Istri Sah di Coronation King Charles III

Karena, Queen hanya bisa diwariskan, seperti untuk Queen Elizabeth II yang mewarisi tahta kerajaan dari mendiang ayahnya yang tidak memiliki anak laki-laki. Dan gelar ini tidak dapat diambil oleh orang yang menikah dengan anggota keluarga kerajaan. Karena itu Camilla tidak bisa mendapat gelar Queen.

Awalnya bahkan, diperkirakan Camilla tidak akan pernah mendapat gelar Permaisuri sekalipun karena citra dirinya yang buruk. Namun di awal tahun ini, Queen Elizabeth II mengumumkan jika ia memiliki ‘keinginan yang tulus’ agar Camilla diberikan gelar

Queen Consort alias Permaisuri ketika Charles menjadi Raja Inggris nantinya.
Tapi jika kamu bertanya-tanya bagaimana jika gelar ini terjadi pada laki-laki, mereka tidak akan menjadi King Consort. Seperti yang diberikan pada suami Ratu Elizabeth II, Prince Phillip serta suami Ratu Victoria yaitu Prince Albert, mereka mendapat gelar Prince Consort karena suami Ratu tidak akan bisa menjadi Raja karena mereka tidak mewarisi darah keluarga kerajaan.

Camilla dan Charles menikah pada tahun 2005 dalam pernikahan sipil tanpa perayaan megah seperti pernikahan Charles dan Diana. Seperti yang diketahui, Charles dan Diana menjadi pasangan suami istri yang melahirkan Pangeran William dan Pangeran Harry namun mereka bercerai tahun 1996, setahun sebelum kecelakaan Putri Diana yang merenggut nyawanya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)