home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Akhirnya Terungkap Fakta Penemuan Tengkorak 'Alien', Lalui Tahap Operasi Canggih?

Senin, 24 Januari 2022 14:30 by reinasoebisono | 797 hits
Akhirnya Terungkap Fakta Penemuan Tengkorak 'Alien', Lalui Tahap Operasi Canggih?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Sebuah tengkorak ditemukan dan menggegerkan pemberitaan khususnya dunia antropologi karena disebut beebrapa pihak mirip alien lantaran bentuknya yang memanjang dan tidak seperti tengkorak manusia biasa. Namun setelah dilakukan penelitian, terungkap fakta lain di balik penemuan itu.

Via laman Detik, tengkorak yang ditemukan di Peru itu berusia kisaran 2.000 tahun diyakini pada masa hidupnya adalah seorang prajurit Peru. Riset pun menyatakan tengkorak milik seorang pria ini telah menjalani proses operasi di kepalanya.

Bahkan, operasi tersebut dianggap cukup maju dan canggih. Dimungkinkan pula adalah salah satu yang pertama di dunia serta membuktikan jika orang zaman dahulu mampu melakukannya. Diyakini, sang prajurit terluka parah dalam suatu pertempuran dan menjalani operasi pemasangan metal untuk memperbaiki tengkoraknya yang retak.


Image source: Museum of Osteology/Facebook

"Ini adalah tengkorak memanjang dari Peru dengan metal diimplan melalui operasi setelah dia kembali dari peperangan pada sekitar 2000 tahun silam," kata juru bicara Museum of Osteology di Oklahoma yang menyimpan tengkorak tersebut.

"Kami tahu dia berhasil bertahan hidup setelah operasi tersebut. Berdasarkan kondisi tulang tengkorak yang rusak, bisa terlihat bahwa tengkorak itu dipadukan dengan erat. Operasi itu berhasil," tambah dia.

Pakar operasi Peru pada zaman itu diyakini telah menemukan banyak prosedur operasi yang maju untuk merawat tengkorak yang terluka. Karena kala itu, kepala para prajurit memang rentan terluka akibar persenjataan yang digunakan, ketapel contohnya.

Di sisi lain, memang cukup sering ditemukan tengkorak dengan bentuk memanjang semacam ini di Peru. Jadi tengkoraknya menjadi seperti itu bukan karena operasi, tapi karena praktik lain yang dilakukan sebelumnya.

Ditambah, orang-orang kuni di wilayah Peru zaman dahulu disebut memiliki sejarah Panjang dengan budaya teknik pengikatan kepala yang membentuk tengkorak manusia menjadi terbentuk tidak biasa.

"Pembentukan kepala yang disengaja adalah bentuk modifikasi budaya tubuh yang menandai hal-hal berbeda, seperti identitas seseorang, ritus perjalanan, atau pekerjaan," kata profesor antropologi dari University of Wyoming Melissa Murphy.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Utamanya di masa pandemi, banyak mal mal terkenal dan kebanyakan yang sudah legendaris mengalami penurunan pengunjung drastis bahkan menutup bisnisnya secara permanen. Hal ini sungguh disayangkan....
  • HOT !
    Pemerintah Korea Selatan telah menetapkan aturan baru membebaskan penggunaan masker di dalam ruangan. Aturan itu akan mulai diberlakukan pada 30 Januari 2023....
  • HOT !
    Drama JTBC 'Reborn Rich' telah dinobatkan sebagai drama paling populer akhir tahun 2022 ini. Drama tersebut rupanya sedikit banyak menggambarkan tentang potret keluarga konglomerat Korea Selatan, khususnya Samsung dan Hyundai....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : vieehelper5
Cast : Min Suga, Kim NamJoon, Park Jimin, Kim Taehyung, Jeon Jungkook, Kim Seokjin, Baekhyun, Yuta dan Taey

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)