home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Akhirnya Terungkap Fakta Penemuan Tengkorak 'Alien', Lalui Tahap Operasi Canggih?

Senin, 24 Januari 2022 14:30 by reinasoebisono | 774 hits
Akhirnya Terungkap Fakta Penemuan Tengkorak 'Alien', Lalui Tahap Operasi Canggih?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Sebuah tengkorak ditemukan dan menggegerkan pemberitaan khususnya dunia antropologi karena disebut beebrapa pihak mirip alien lantaran bentuknya yang memanjang dan tidak seperti tengkorak manusia biasa. Namun setelah dilakukan penelitian, terungkap fakta lain di balik penemuan itu.

Via laman Detik, tengkorak yang ditemukan di Peru itu berusia kisaran 2.000 tahun diyakini pada masa hidupnya adalah seorang prajurit Peru. Riset pun menyatakan tengkorak milik seorang pria ini telah menjalani proses operasi di kepalanya.

Bahkan, operasi tersebut dianggap cukup maju dan canggih. Dimungkinkan pula adalah salah satu yang pertama di dunia serta membuktikan jika orang zaman dahulu mampu melakukannya. Diyakini, sang prajurit terluka parah dalam suatu pertempuran dan menjalani operasi pemasangan metal untuk memperbaiki tengkoraknya yang retak.


Image source: Museum of Osteology/Facebook

"Ini adalah tengkorak memanjang dari Peru dengan metal diimplan melalui operasi setelah dia kembali dari peperangan pada sekitar 2000 tahun silam," kata juru bicara Museum of Osteology di Oklahoma yang menyimpan tengkorak tersebut.

"Kami tahu dia berhasil bertahan hidup setelah operasi tersebut. Berdasarkan kondisi tulang tengkorak yang rusak, bisa terlihat bahwa tengkorak itu dipadukan dengan erat. Operasi itu berhasil," tambah dia.

Pakar operasi Peru pada zaman itu diyakini telah menemukan banyak prosedur operasi yang maju untuk merawat tengkorak yang terluka. Karena kala itu, kepala para prajurit memang rentan terluka akibar persenjataan yang digunakan, ketapel contohnya.

Di sisi lain, memang cukup sering ditemukan tengkorak dengan bentuk memanjang semacam ini di Peru. Jadi tengkoraknya menjadi seperti itu bukan karena operasi, tapi karena praktik lain yang dilakukan sebelumnya.

Ditambah, orang-orang kuni di wilayah Peru zaman dahulu disebut memiliki sejarah Panjang dengan budaya teknik pengikatan kepala yang membentuk tengkorak manusia menjadi terbentuk tidak biasa.

"Pembentukan kepala yang disengaja adalah bentuk modifikasi budaya tubuh yang menandai hal-hal berbeda, seperti identitas seseorang, ritus perjalanan, atau pekerjaan," kata profesor antropologi dari University of Wyoming Melissa Murphy.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kabar terbaru, Kawasan Ancol akan ditutup untuk masyarakat umum tanggal 4 Juni karena digelarnya balapan Formula E. Bahkan, untuk warga yang ingin akses ke pantai pun tetap harus memiliki tiket Formula E....
  • HOT !
    Pada Kamis (12/5), Korea Utara mengumumkan kasus pertama varian omicron dari COVID 19 dan menyatakan penerapan sistem pengendalian virus "darurat maksimum", mengakhiri klaim bebas virus corona yang sudah berlangsung lama....
  • HOT !
    Dalam perhelatan Grammy Awards 2022, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy membagikan pesan untuk penonton tentang negaranya yang sedang mengalami krisis. Ini yang dibagikannya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)