home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Momen Bencana dan Duka Bersama Indonesia Sepanjang 2021

Selasa, 04 Januari 2022 15:02 by reinasoebisono | 782 hits
Momen Bencana dan Duka Bersama Indonesia Sepanjang 2021
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Selain menjadi tahun penuh tantangan, ada sederet momen memprihatinkan yang menambah perjuangan perjalanan 2021. Mulai dari bencana alam, hingga hilangnya moda transportasi besar nasional.

Mari mengenang para korban dan mendoakan dengan menengok lagi beberapa peristiwa duka nasional tahun 2021:

KRI Nanggala (402)

Kapal Selam KRI Nanggala 402 adalah salah satu peristiwa nasional besar di tahun 2021 dan masuk pencarian Google Indonesia tertinggi. Kapal Selam ini sempat dinyatakan hilang kontak di perairan Bali pada Rabu 21 April 2021 hingga akhirnya sebanyak 63 personil KRI Nanggala dinyatakan gugur.

Peristiwa ini meninggalkan duka mendalam untuk keluarga dan masyarakat Indonesia. Hingga mendapat julukan on eternal patrol. Kapal Selam yang telah mengabdi 40 tahun itu akhirnya dalam keabadian berpatroli dan menjaga laut Indonesia.

Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182

Hal selanjutnya adalah jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta Pontianak pada 9 Januari 2021 di mana pesawat yang mengangkut 50 penumpang dan 12 kru itu hilang kontak pada pukul 14.40 WIB.

Baca juga: Peristiwa Membanggakan Nasional yang Datang Dari Dunia Olahraga Sepanjang 2021!

Pesawat ini diduga mengalami kerusakan mesin yang sempat bergerak mundur di tengah penerbangan dan hingga kini masih dalam penyelidikan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Bom Makassar

Sebuah bom meledak di depan Gereja Katedral Makassar pada pukul 10.28 WITA pada 28 Maret 2021 setelah ibadah Misa kedua digelar. Dari peristiwa tersebut, dua orang terduga pelaku dilaporkan tewas. Sementara 20 orang yang terdiri dari warga, petugas keamanan gereja dan jemaar mengalami luka-luka.

Ledakan Pertamina Balongan, Indramayu

Sebuah kilang minyak milik Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat juga menghebohkan pada Senin 29 Maret 2021 pukul 00.45 WIB. Akibat ledakan itu, sebanyak 912 jiwa dari lima desa sekitar lokasi kejadian juga diungsikan ke tempat, yaitu Komplek Perum Pertamina Bumi Putra, Pendopo Kantor Bupati Indramayu, dan Gedung Islamic Center Indramayu.

Erupsi Gunung Semeru

Gunung Semeru menambah keprihatinan di penghujung tahun karena Meletus pada 4 Desember 2021. Gunung di perbatasan Malang dan Lumajang itu mengeluarkan guguran awan panas sekitar pukul 15.00 WIB. Total korban jiwa yang ditemukan sebanyak 48 orang dan 10 ribu lebih warga terpaksa mengungsi akibat erupsi Gunung tertinggi Pulau Jawa itu.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)