home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wacana Premium Dihapus Namun Sulit Karena Mafia Migas, Ahok Setuju!

Senin, 27 Desember 2021 15:55 by reinasoebisono | 754 hits
Wacana Premium Dihapus Namun Sulit Karena Mafia Migas, Ahok Setuju!
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Muncul wacana jika BBM jenis Premium akan dihapuskan di tahun depan. Namun, hal ini diragukan karena walau wacana penghapusan ini telah lama muncul namun tak kunjung berjalan. Benarkah ada mafia migas atau pemburu rente impor yang menghalanginya?

Hal ini diungkapkan Pengamat Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi jika penghapusan BBM jenis Premium akan memberikan keuntungan bagi PT Pertamina (Persero). Sebab, akan mengurangi biaya transportasi dan mengurangi biaya subsidi.

"Saya tidak yakin tahun depan Premium benar-benar dihapuskan. Pasalnya, sejak 2017 penghapusan Premium sudah diwacanakan, tetapi hingga kini tidak pernah direalisasikan. Kendalanya, saya menduga, pemburu rente impor Premium selalu mencegah rencana penghapusan Premium," kata Fahmy mengutip Detik.

Merespon pernyataan tersebut, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang kini akrab disapa BTP pun setuju.

"Setuju," kata Ahok.

Ahok mengatakan, untuk menghasilkan BBM Premium harus mengalami proses percampuran sehingga oktan akan turun. Padahal, kilang modern menghasilkan BBM beroktan tinggi. Hal ini memunculkan pertanyaan-pertanyaan baru.

Ahok juga menyinggung, banyak yang menyuarakan BBM Premium tidak boleh dihapus karena atasnama rakyat. Padahal, hamper 80% konsumen BBM memakai Pertalite.

"Kilang modern hasilkan BBM oktannya tinggi. Mau jualan Premium harus campur nafta buat turunkan lagi. Mungkin ini jadi kerjaan tambahan? Dan ada pemasok ? Dan belinya terbatas dan tertentu? Dan sering sekali atas nama rakyat Premium nggak boleh dihapus. Faktanya hampir 80% pengisi BBM itu pakai Pertalite," terangnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kabar mengejutkan dikeluarkan oleh Pemprov DKI Jakarta yang mengumumkan menyegel dan menutup 12 outlet Holywings oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah ada peluang kembali beroperasi jika hanya berganti nama?...
  • HOT !
    Pemerintah disebut tengah merencanakan penerapan bayar tol tanpa kartu yang pasti akan memangkas waktu pembayaran di gerbang tol yang kadang sering memicu kemacetan. Rencana ini akan diterapkan mulai akhir tahun sebagai uji coba dan efektif berlaku pada 2023 2024....
  • HOT !
    Lebaran 2022 atau perayaan Idul Fitri 1443 H yang datang di minggu depan, ada kemungkinan besar akan jatuh di hari yang sama, yaitu 2 Mei 2022. Padahal awal berpuasa berbeda tapi bagaimana mungkin Lebarannya bersamaan?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)