home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waduh, 5 Minuman Ini Bisa Bikin Hasil Tes Antigen Positif

Selasa, 28 September 2021 14:30 by rizaluthfiah | 11138 hits
Waduh, 5 Minuman Ini Bisa Bikin Hasil Tes Antigen Positif
Image Source : Just Law Solicitors

DREAMERS.ID - Antigen merupakan salah satu tes yang bisa mendeteksi virus Covid-19 dengan cepat. Tes ini cenderung lebih murah dan paling dipilih masyarakat, namun di sisi lain, juga hasilnya mudah dipengaruhi faktor eksternal seperti minuman.

Cara kerja tes antigen adalah mengambil sedikit cairan di hidung saja atau tenggorokan saja sebagai spesimen untuk diuji. Mengenai ke akuratannya, tes antigen mungkin memberikan hasil positif atau negatif yang palsu.

Hasil palsu tersebut bisa dipicu berbagai hal, salah satunya penyimpanan alat tes yang kurang tepat sebelum digunakan, terkontaminasi silang saat menguji spesimen pasien lainnya, atau pasien mengkonsumsi minuman tertentu.

Melansir Detik, pernyataan itu disampaikan oleh sekelompok peneliti Tubingen University di Jerman. Lewat International Journal of Infectious Disease, mereka mengungkap lima jenis minuman yang bisa memberi hasil positif palsu pada tes antigen menggunakan Abbott Panbio COVID-19 Ag Lateral For Test.

"Semua soft drink (Coca-Cola, Coca-Cola Zero, Fanta-Orange, Orange soft drink), energy drink (Red Bull), minuman alkohol (vodka, whiskey, dan brandy), air mineral botolan, dan air mineral berkarbonasi menyebabkan munculnya garis merah," kata peneliti.

Garis merah yang dimaksud adalah hasil positif Covid-19. Peneliti lantas mengungkap kemungkinan alasan hasil positif palsu ini. "Bisa jadi karena pH yang berubah dalam larutan ini, yang dapat memodulasi fungsi antibodi yang dilapisi pada garis uji," lanjutnya.

Mereka menyarankan tes antigen paling bagus dilakukan di pagi hari, sebelum seseorang makan atau minum apapun. Hasilnya diyakini bakal lebih akurat.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Pelik dan viralnya kasus selebgram Rachel Vennya yang kabur dari proses karantina usai bepergian ke Amerika Serikat semakin bergulir panjang. Hari ini, ibu dua anak itu menyambangi Polda Metro Jaya untuk memenuhi panggilan dan menjalani proses penyelidikan....
  • HOT !
     Seiring berkembangnya peraturan dan pilihan, fleksibilitas kegiatan vaksinasi COVID 19 pun makin beragam dan memudahkan. Kini, warga Indonesia yang memiliki KTP Non DKI sudah bisa vaksin Di Jakarta dengan vaksin merek apa pun! Dan perlu dicatat, Vaksin ini hanya berlaku untuk dosis vaksin pertama dan kedua....
  • HOT !
    Terlepas dari permukaan air laut yang naik, laut Jakarta juga tengah menghadapi fakta adanya pencemaran paracetamol. Seberapa bahaya cemaran kandungan obat tersebut bagi warga maupun hewan sekitar?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ichigofresh
Cast : salad di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)