home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Potong Hari Libur Akhir Tahun Percuma Jika Mobilitas Tak Dibatasi

Kamis, 03 Desember 2020 16:10 by RandyW | 390 hits
Potong Hari Libur Akhir Tahun Percuma Jika Mobilitas Tak Dibatasi
Image Source: Beritagar

DREAMERS.ID - Menko PMK Muhajir Effendy, telah sepakat memangkas libur akhir tahun 2020 selama 3 hari. Libur akhir tahun 2020 yang awalnya berjumlah 11 hari sekaligus menggantikan cuti bersama Idul Fitri, akhirnya menjadi 8 hari.

Indonesia sendiri di bulan Desember memiliki dua kloter hari libur yaitu libur natal dan libur tahun baru. Kloter pertama adalah libur natal, mulai dari tanggal 24-27 Desember. Untuk tanggal 28-30 Desember adalah hari kerja.

Kloter kedua adalah libur tahun baru, di mana pemerintah menetapkan tanggal 31 Desember 2020 – 3 Januari 2021 sebagai hari libur.

Pemangkasan yang dilakukan pemerintah untuk menekan laju penyebaran virus corona di Indonesia. Namun keputusan ini tidak sejalan dengan mobilitas kendaraan yang tidak dibatasi.

Baca juga: 2021 Masih Pandemi? Berikut Destinasi Wisata Terbaik untuk Liburan

"Inti dari pengendalian dan mencegah keburukan dari pandemi itu, bukan masalah berkurangnya hari sebetulnya. Tapi membatasi mobilitas orang membatasi, interaksi orang," kata Epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman mengutip dari CNN Indonesia.

Menurut Dicky, kebijakan pemerintah harus diikuti dengan sejumlah kebijakan lainnya. Dicky juga menilai mengurangi jumlah libur tidak akan memberi jaminan masyarakat tidak berpergian.

Ada beberapa kebijakan juga yang tidak sejalan dengan pengurangan hari libur, seperti memberi potongan harga moda transpotasi umum yang mana bisa mempermudah masyarakat pulang kampung.

Sehingga pemangkasan hari libur akhir tahun tidaklah efektif untuk menekan angka penularan Covid-19. Untuk menekan angka penyebaran virus corona harus diimbangin dengan kebijakan lainnya.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)