home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Prediksi Hujan Es Batu Juga Bisa Terjadi di Dataran Rendah

Jumat, 27 November 2020 18:15 by RandyW | 315 hits
Prediksi Hujan Es Batu Juga Bisa Terjadi di Dataran Rendah
Image Source: Kumparan

DREAMERS.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprediksi daerah yang kemungkinan terkena hujan es batu. Tomi Ilham mengatakan hujan es baru bisa dideteksi setengah jam sebelum kejadian.

"Karena waktu kejadiannya cukup singkat sehingga baru bisa terdeteksi sekitar 30 menit hingga 1 jam sebelum kejadian," kata Tomi dikutip dari CNN Indonesia.

Hujan es yang melanda di Indonesia tidak bisa diprediksi secara pasti, dan lebih sering terjadi di daerah pegunungan. Namun tidak menutup kemungkinan kalau hujan es batu terjadi di dataran rendah. Biasanya hujan es batu terjadi karena awan cumulonimbus.

Melansir dari CNN, BMKG mengatakan bahwa proses terjadinya hujan es adalah ketika terjadi kondensasi uap air lewat pendinginan di atmosfer pada lapisan di atas level beku. Es yang terjadi dengan proses ini biasanya berukuran besar.

Penyebab utama hujan es adalah daya angkat atau konvektif yang cukup kuat di wilayah tersebut, yang biasanya membentuk awan Cumulonimbus yang cukup tinggi. Sehingga ketika terjadi hujan es biasanya disertai hujan, petir, maupun angin kencang.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Pandemi tidak mengurangi industri K Pop untuk terus berkembang, bahkan bisa dibilang tetap cemerlang dengan menarik banyak penggemar baru. Menurut data terkini, ada total 100 juta fans K Pop di seluruh dunia....
  • HOT !
    Tim SAR telah mengirimkan dua kantong jenazah ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati dari hasil pencarian pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak dan jatuh di perairan Kepulauan Seribu 4 menit setelah lepas landas....
  • HOT !
    Kerusuhan terjadi di Gedung Capitol Hill, Washington DC, Amerika Serikat pada Rabu (6/1) waktu setempat. Pihak kepolisian melaporkan bahwa sebanyak empat orang tewas dalam demonstrasi yang dilakukan pendukung Donald Trump tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)