home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada 3 Menteri Tercepat yang Ditangkap KPK Termasuk Edhy Prabowo

Jumat, 27 November 2020 14:15 by RizkiSetiawaan | 588 hits
Ada 3 Menteri Tercepat yang Ditangkap KPK Termasuk Edhy Prabowo
Image Source:Dreamers.id

DREAMERS.ID - Edhy Prabowo bukan menteri pertama yang ditangkap oleh KPK atas kasus korupsi saat masih menjabat. Ada dua nama lain yang juga terjerat kasus sama, dan ditangkap dalam waktu singkat setelah dilantik sebagai menteri.

Hanya berjarak setahun setelah dilantik, Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo ternyata lupa dengan hal itu. Edhy ditangkap KPK dan terjerat kasus dugaan suap izin ekspor benih lobster, salah satu kebijaknya yang kontroversial.

Sebelumnya, ada Andi Mallarangeng dan Idrus Marham yang ditangkap atas korupsi. Melansir dari Kumparan, berikut tiga menteri tercepat yang menjadi tersangka di KPK:

Edhy Prabowo


Image Source: jawapos.com

Edhy Prabowo menjadi tersangka di KPK sekitar 1 tahun 1 bulan setelah ia menjabat menteri. Ia dilantik sebagai Menteri KP pada 23 Oktober 2019, kemudian ditangkap dan menjadi tersangka KPK pada 25 November 2020. Edhy diduga menerima sekitar Rp 4,8 M dari beberapa eksportir benih lobster, salah satunya PT Dua Putra Perkasa.

Edhy telah ditetapkan sebagai tersangka bersama enam orang lain. Penangkapan Edhy tak hanya mengungkap tabir kongkalikong dalam penetapan eksportir benih lobster, tetapi juga mencatat rekor sebagai menteri pertama yang dijerat KPK melalui OTT (Operasi Tangkap Tangan).

Baca juga: Menilik Kemiripan Pola Suap Mensos Juliari Batubara dan Edhy Prabowo

Andi Mallarangeng


Image Source: voaindonesia.com

Andi Mallarangeng menjadi tersangka korupsi saat masih aktif sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. Ia ditetapkan sebagai tersangka pada Desember 2012 atau 3 tahun setelah dilantik pada 22 Oktober 2009.

Namun, Andi menjadi tersangka berdasarkan pengembangan kasus korupsi proyek pusat olahraga Hambalang, bukan melalui mekanisme OTT. Andi Mallarangeng dihukum 4 tahun penjara. Ini lebih rendah dari tuntutan jaksa 10 tahun, tetapi kasasi yang diajukan atas rendahnya vonis tersebut ditolak MA.

Idrus Marham


Image Source: kalbaronline.com

Idrus Marham menjadi menteri aktif yang paling cepat menjadi tersangka KPK. Baru 7 bulan menjabat, Idrus ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap pembangunan PLTU Riau 1, setelah dilantik sebagai Menteri Sosial pada 17 Januari 2018 lalu.

Idrus saat itu menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang maju sebagai calon Gubernur Jawa Timur.  Ia ditetapkan sebagai tersangka pada Agustus 2018, lalu dihukum 2 tahun penjara di tingkat kasasi dan sudah bebas.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)