home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

BPDB Siapkan Skenario Terburuk Dampak dari Letusan Gunung Merapi

Senin, 23 November 2020 13:10 by RizkiSetiawaan | 263 hits
BPDB Siapkan Skenario Terburuk Dampak dari Letusan Gunung Merapi
Image Source:MediaIndonesia.com

DREAMERS.ID - Erupsi Gunung Merapi kembali terjadi lagi. Berdasarkan data pemantauan, disimpulkan bahwa aktivitas vulkanik saat ini dapat berlanjut ke aktivitas yang membahayakan penduduk.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah, telah menyiapkan kontigensi terkait pengusian bencana meletusnya Gunung Merapi. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana Harian BPBD Provinsi Jawa Tengah Syafrudin mengatakan bahwa setiap kabupaten sudah punya rencana.

Mengutip dari Antara via Liputan6.com, "Setiap kabupaten punya rencana kontingensi karena ini jadi tanggung jawab bersama. Di provinsi juga ada rencana kontingensi terkait erupsi ini," katanya saat mengunjungi tempat evakuasi sementara di Balai Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Terkait kemungkinan meletusnya Gunung Merapi akan terjadi, pihaknya juga telah mempersiapkan skenario yang paling buruk. "Kalau kejadian memburuk kami akan buka pos pendamping dengan berbagai bidang, antara lain bidang logistik dan bidang kesehatan," lanjutnya.

Sementara itu, segala persiapan sudah dilakukan oleh tiga kabupaten yang terdampak letusan merapi, yakni kabupaten Klaten, Magelang, dan Boyolali tidak sama. Magelang sudah siap dari awal dan akan menerapkan 'sister village'. Ada 800 pengungsi dari empat desa, yaitu Desa Krinjing, Paten, Ngargomulyo, dan Keningar.

Sementara itu, Kabupaten Klaten memiliki 3 desa yang seluruhnya masih berada di tempat evakuasi, yaitu Desa Balerante, Sidorejo, dan Tegalmulyo. Untuk Boyolali, para pengungsi juga masih di tempatkan di lokasi evakuasi sementara, yaitu Desa Klakah, Trakah, dan Tlogolele.

Terkait dengan para warga yang belum ingin turun ke tempat evakuasi sementara, pihak juga telah meminta instansi terkait untuk ikut memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai ancaman bahaya.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Pandemi tidak mengurangi industri K Pop untuk terus berkembang, bahkan bisa dibilang tetap cemerlang dengan menarik banyak penggemar baru. Menurut data terkini, ada total 100 juta fans K Pop di seluruh dunia....
  • HOT !
    Tim SAR telah mengirimkan dua kantong jenazah ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati dari hasil pencarian pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak dan jatuh di perairan Kepulauan Seribu 4 menit setelah lepas landas....
  • HOT !
    Kerusuhan terjadi di Gedung Capitol Hill, Washington DC, Amerika Serikat pada Rabu (6/1) waktu setempat. Pihak kepolisian melaporkan bahwa sebanyak empat orang tewas dalam demonstrasi yang dilakukan pendukung Donald Trump tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)