home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

BPDB Siapkan Skenario Terburuk Dampak dari Letusan Gunung Merapi

Senin, 23 November 2020 13:10 by RizkiSetiawaan | 325 hits
BPDB Siapkan Skenario Terburuk Dampak dari Letusan Gunung Merapi
Image Source:MediaIndonesia.com

DREAMERS.ID - Erupsi Gunung Merapi kembali terjadi lagi. Berdasarkan data pemantauan, disimpulkan bahwa aktivitas vulkanik saat ini dapat berlanjut ke aktivitas yang membahayakan penduduk.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah, telah menyiapkan kontigensi terkait pengusian bencana meletusnya Gunung Merapi. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana Harian BPBD Provinsi Jawa Tengah Syafrudin mengatakan bahwa setiap kabupaten sudah punya rencana.

Mengutip dari Antara via Liputan6.com, "Setiap kabupaten punya rencana kontingensi karena ini jadi tanggung jawab bersama. Di provinsi juga ada rencana kontingensi terkait erupsi ini," katanya saat mengunjungi tempat evakuasi sementara di Balai Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Terkait kemungkinan meletusnya Gunung Merapi akan terjadi, pihaknya juga telah mempersiapkan skenario yang paling buruk. "Kalau kejadian memburuk kami akan buka pos pendamping dengan berbagai bidang, antara lain bidang logistik dan bidang kesehatan," lanjutnya.

Sementara itu, segala persiapan sudah dilakukan oleh tiga kabupaten yang terdampak letusan merapi, yakni kabupaten Klaten, Magelang, dan Boyolali tidak sama. Magelang sudah siap dari awal dan akan menerapkan 'sister village'. Ada 800 pengungsi dari empat desa, yaitu Desa Krinjing, Paten, Ngargomulyo, dan Keningar.

Sementara itu, Kabupaten Klaten memiliki 3 desa yang seluruhnya masih berada di tempat evakuasi, yaitu Desa Balerante, Sidorejo, dan Tegalmulyo. Untuk Boyolali, para pengungsi juga masih di tempatkan di lokasi evakuasi sementara, yaitu Desa Klakah, Trakah, dan Tlogolele.

Terkait dengan para warga yang belum ingin turun ke tempat evakuasi sementara, pihak juga telah meminta instansi terkait untuk ikut memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai ancaman bahaya.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)