home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Viral Proyek 'Jurassic Park' di Pulau Komodo, Tagar #SaveKomodo Jadi Trending

Senin, 26 Oktober 2020 13:45 by SidikTri | 527 hits
Viral Proyek 'Jurassic Park' di Pulau Komodo, Tagar #SaveKomodo Jadi Trending
Image Source: Inews.id

DREAMERS.ID - Baru-baru ini, viral foto di media sosial yang memperlihatkan seekor Komodo berhadapan dengan truk pengangkut material kontruksi, dan juga foto suatu proyek pembangunan yang diupload dalam satu unggahan yang sama.

Foto tersebut diduga diambil di kawasan Taman Nasional Komodo, Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur. Foto tersebut pertama dibagikan ke Twitter oleh akun @KawanBaikKomodo pada 23 Oktober, yang rupanya berkaitan dengan proyek pembangunan 'Jurassic Park'.


Image source: Twitter.com/KawanBaikKomodo

Melansir CNN Indonesia yang mengutip dari laman berita di situs Kementerian PUPR, pembangunan sarana dan prasarana di Pulau Rinca itu merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Viralnya foto dan informasi proyek tersebut kemudian menuai kritik dari Koordinator Kampanye Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Edo Rakhman, yang menilai konsep pembangunan tersebut sangatlah keliru.

Menurutnya, pemerintah seharusnya mempertahankan habitat asli hewan endemik komodo di kawasan tersebut. Ia juga menekankan pembangunan itu berpotensi menghilangkan sifat alamiah dari ekosistem Pulau Rinca.

Baca juga: Wanita Haid Tidak Boleh Datang ke Pulau Komodo, Ini Faktanya

"Konsep pengembangan ini yang menurut kami sangat-sangat keliru diambil oleh Presiden Jokowi, habitat alami harusnya dipertahankan jika tetap ingin hewan kadal raksasa ini menjadi kebanggaan Indonesia," kata Edo.

Selain itu, Edo juga mengatakan pembangunan 'Jurassic Park' tersebut berpotensi meningkatkan konflik antara komodo dengan manusia di hari mendatang. Kritik terhadap pembangunan proyek tersebut juga ramai dilakukan oleh warganet di media sosial.


Image source: Twitter.com/KawanBaikKomodo

Tagar #savekomodo pun menjadi trending topic di twitter Indonesia. Rakyat twitter pun diketahui beramai-ramai me-retweet cuitan akun @KawanBaikKomodo tentang petisi menolak proyek 'Jurassic Park' yang ditujukan ke Jokowi, dan juga mengisinya.

"Kami Masyarakat Indonesia meminta kembalikan lahan ini, kami mohon perintahkan kepada Pemda untuk pemutusan izin INVESTOR ASING (Swasta) di kawsan Taman Nasional Pulau Komodo," seperti dikutip dari laman petisi tersebut. Hingga tulisan dibuat, petisi yang dibuat oleh Indo Flashlight itu sudah ditandatangani lebih dari 340 ribu orang.

(sidk)

Komentar
  • HOT !
    Zhang Yiming adalah pendiri dari ByteDance dan menjadi salah satu orang terkaya di China saat ini. Total kekayaan Zhang ditaksir mencapai US$ 16,2 miliar atau setara Rp 228 triliun....
  • HOT !
    Melalui salah satu surat kabar pada hari Rabu (18/11/2020) lalu, Presiden Prancis, Emmanuel Macron disebut telah mengeluarkan ultimatum kepada Dewan Ibadah Muslim Prancis (CFCM/Conseil Francais du Culture Musulman), selama 15 hari terhitung dari surat kabar itu diterbitkan....
  • HOT !
    Mimpi biasa disebut sebagai bunga tidur yang bisa menambah nyenyak atau memperburuk kualitas tidur kita. Tak jarang, banyak mitos yang kerap menafsirkan mimpi dengan sebuah kejadian baik maupun buruk....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)