home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sosok Pollycarpus, Eks Terpidana Kasus Munir yang Meninggal Akibat Covid-19

Senin, 19 Oktober 2020 17:50 by RandyW | 271 hits
Sosok Pollycarpus, Eks Terpidana Kasus Munir yang Meninggal Akibat Covid-19
Image Source: popularitas.com

DREAMERS.ID - Kasus pembunuhan Munir belum terungkap jelas misterinya. Tetapi kini, Pollycarpus merupakan eks pilot Garuda, terpidana kasus pembunuhan tersebut dinyatakan meninggal dunia akibat COVID-19. 

Kilas balik ke tanggal 26 November 2004, nama Pollycarpus tercatat sebagai kru dalam penerbangan Singapura – Amsterdam, akan tetapi dirinya tidak ikut dalam penerbangan tersebut. Saat itu di atas pesawat, Munir aktivis HAM meninggal dunia diduga diracun.

Pollycarpus ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rutan Mabes Polri, atas dakwaan melakukan pembunuhan berencana dan pemalsuan dokumen pada tanggal 20 Desember 2005 dengan vonis hukuman 14 tahun penjara.

Pada 4 Oktober 2006, Pollycarpus mengajukan kasasi di Mahkamah Agung (MA), dan keputusan MA. Saat itu Pollycarpus dihukum dua tahun penjara atas kasus penggunaan surat palsu. Setelah meminta Peninjauan Kembali (PK), Pollycarpus dijatuhi hukuman selama 14 tahun penjara.

Baca juga: Diklaim Efektif 70-90 Persen, Ini Daftar Harga Vaksin COVID-19 dari Termahal hingga Termurah

Pollycarpus diberikan pembebasan bersyarat pada tahun 2014 setelah menjalani hukuman 8 tahun penjara, oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

Enam tahun menghirup udara bebas, Pollycarpus menghembuskan nafas terakhir pada hari Sabtu (17/10/2020) pukul 14.52 WIB, setelah dirawat selama 16 hari karena Covid-19 di RS Pertamina.

Kematiannya sedikit dicurigai karena berdekatan dengan masa kedaluwarsa penyelidikan kasus Munir. Pasalnya, ia memiliki informasi yang sangat diperlukan untuk mengungkap kebenaran. Banyak pihak, termasuk Suciwati, istrinya mendesak agar meninggalnya Pollycarpus tidak lantas mengubur misteri pembunuhan Munir.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Zhang Yiming adalah pendiri dari ByteDance dan menjadi salah satu orang terkaya di China saat ini. Total kekayaan Zhang ditaksir mencapai US$ 16,2 miliar atau setara Rp 228 triliun....
  • HOT !
    Melalui salah satu surat kabar pada hari Rabu (18/11/2020) lalu, Presiden Prancis, Emmanuel Macron disebut telah mengeluarkan ultimatum kepada Dewan Ibadah Muslim Prancis (CFCM/Conseil Francais du Culture Musulman), selama 15 hari terhitung dari surat kabar itu diterbitkan....
  • HOT !
    Mimpi biasa disebut sebagai bunga tidur yang bisa menambah nyenyak atau memperburuk kualitas tidur kita. Tak jarang, banyak mitos yang kerap menafsirkan mimpi dengan sebuah kejadian baik maupun buruk....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)