SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kekeuhnya Korea Utara Yakin Negaranya Tidak Ada Kasus COVID-19

Jumat, 03 April 2020 18:07 by reinasoebisono | 757 hits
Kekeuhnya Korea Utara Yakin Negaranya Tidak Ada Kasus COVID-19
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Memang masih ada beberapa negara di dunia yang masih ‘bersih’ atau melaporkan tidak adanya virus corona atau COVID-19 di wilayahnya. Salah satunya adalah Korea Utara, yang seperti di Indonesia pada awalnya, negara lain menuding hal itu hanya ditutupi semata.

Pihak Korut sendiri bersikeras menyatakan negaranya masih bebas dari COVID-19 yang disampaikan oleh Direktur Anti Epidemi Markas Besar Darurat Anti Epidemi Korea Utara, Park Myong Su. Ia mengklaim Korut telah mengupayakan berbagai hal, seperti menutup perbatasan, yang dianggap berhasil menahan penyebaran virus.

"Sejauh ini tidak ada satu orang pun yang terinfeksi virus corona baru di negara kami," kata Park. "Kami telah melakukan tindakan pencegahan dan ilmiah seperti inspeksi dan karantina untuk semua personel yang memasuki negara kami dan sepenuhnya mendisinfeksi semua barang, serta menutup perbatasan dan memblokir jalur laut dan udara,"

Korea Utara sendiri memang langsung menutup perbatasan negara pada Januari lalu setelah kasus pertama kali terdeteksi di negara tetangganya, Cina. Mereka juga memperketat pengamanan. Di sisi lain, memang banyak pihak yang meragukan pernyataan Korut tersebut.

Baca juga: Permintaan Maaf 'Pengkhianat' Korea Utara Karena Kim Jong Un Kembali Muncul

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa ada hampir satu juta orang terinfeksi virus corona di seluruh dunia pada Rabu (1/4). Pandemi itu telah menewaskan lebih dari 45.000 orang di seluruh dunia. Salah satu negara yang terinfeksi adalah tetangga dekat Korea Utara yakni Korea Selatan. Di Korsel tercatat ada 9.976 kasus Covid-19 dan sebanyak 169 korban yang meninggal.

Mengutip laman CNN Indonesia, Korut sebenarnya sangat rentan terhadap virus karena sistem infrastruktur kesehatan yang lemah dan beberapa pihak berpikir Pyongyang menutupi kondisi negara dari wabah.

Komandan militer Amerika Serikat di Korea Selatan, Jenderal Robert Robert Abrams, mengatakan pada bulan lalu bahwa dirinya cukup yakin Korea Utara memiliki kasus-kasus virus itu. Presiden Donald Trump sendiri menawarkan bantuan anti epidemi virus corona melalui sebuah surat kepada Pimpinan Korea Utara, Kim Jong Un.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Guinness World Records telah banyak mencatat rekor di dunia, salah satunya adalah pria tertua di dunia. Namun, pada Kamis (28/05) pria tertua di dunia bernama Bob Weighton dikabarkan telah meninggal dunia karena penyakit kanker....
  • HOT !
    Korea Selatan termasuk negara yang cukup berhasil melawan pandemi virus corona, walaupun saat ini sedang ada gelombang kedua dari kluster kelab dan karaoke. Presiden Moon Jae In pun memberikan update tentang apa saja yang sudah dilakukan pemerintah....
  • HOT !
    PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar di wilayah DKI Jakarta akan berakhir pada 4 Juni mendatang. Menyusul hal tersebut, puluhan pusat perbelanjaan atau mal dijadwalkan untuk buka sehari setelahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)