SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pukulan Telak Di Tahun Berat Arab Saudi, Umrah Sepanjang 2020 Ditunda

Kamis, 05 Maret 2020 14:35 by reinasoebisono | 2920 hits
Pukulan Telak Di Tahun Berat Arab Saudi, Umrah Sepanjang 2020 Ditunda
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Dampak dari perkembangan penyebaran epidemi atau wabah virus corona (COVID-19) yang mulai bermunculan di berbagai negara, termasuk makin banyak di Arab Saudi, pemerintahnya memutuskan untuk menunda semua kegiatan Umrah.

Hal ini dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan, seperti yang dikemukakan oleh pemerintah Arab Saudi sebagaimana dikutip dari Channel News Asia via Tempo, Kamis (5/3).

"Penundaan ini bersifat temporer, berlaku untuk penduduk di Arab Saudi ataupun mereka yang datang berkunjung," ujar pemerintah Arab Saudi.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi juga mengindikasikan penundaan ibadah haji tahun ini. Dan jika itu terjadi juga, otomatis Arab Saudi tidak akan memiliki pendapatan dari sisi tersebut sepanjang tahun 2020.

Baca juga: Contek Tips Menolak Tamu Kala Pandemi Ala Imam Besar Istiqlal Nasarudin Umar

Padahal dalam setahun, Arab Saudi bisa menerima hingga 18.3 juta jemaah yang datang untuk melaksanakan Umrah. Jika jutaan jemaah itu ebrkumpul di satu tempat dan satunya terindikasi tertular virus corona, maka penyebarannya sulit dihindarkan.

"Hal tersebut adalah langkah waspada yang bisa dipahami walaupun akan menimbulkan konsekuensi ekonomi," ujar Karen Young, akademisi dari American Enterprise Institute.

Karen turut menambahkan jika penundaan ibadah Umrah dan Haji ini akan jadi tahun yang berat untuk Arab Saudi. Pasalnya, Arab Saudi cukup bergantung pada sisi wisata religius tersebut untuk menutupi dampak dari penurunan harga minyak dunia. Hal ini diprediksi akan akan menurunkan pertumbuhan ekonomi Arab.

"Akan menjadi pukulan yang telak apabila wisata religius, yang merupakan bagian dari reformasi ekonomi Arab Saudi, terganggu," ujar Karen. Sebagai catatan, per hari ini, sudah ada dua kasus virus Corona (COVID-19) di Arab Saudi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Guinness World Records telah banyak mencatat rekor di dunia, salah satunya adalah pria tertua di dunia. Namun, pada Kamis (28/05) pria tertua di dunia bernama Bob Weighton dikabarkan telah meninggal dunia karena penyakit kanker....
  • HOT !
    Korea Selatan termasuk negara yang cukup berhasil melawan pandemi virus corona, walaupun saat ini sedang ada gelombang kedua dari kluster kelab dan karaoke. Presiden Moon Jae In pun memberikan update tentang apa saja yang sudah dilakukan pemerintah....
  • HOT !
    PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar di wilayah DKI Jakarta akan berakhir pada 4 Juni mendatang. Menyusul hal tersebut, puluhan pusat perbelanjaan atau mal dijadwalkan untuk buka sehari setelahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)